image_pdf
Keberangkatan kegiatan City Tour Kota Malang di depan GKB A19 UM

Poor— Tak hanya terkenal dengan pesona alamnya, tetapi Kota Malang juga memiliki komitmen kuat terhadap keberlanjutan. Melalui kegiatan City Tour pada 20 September 2024, Universitas Negeri Malang (UM) mengajak para peserta Lokakarya Nasional UI GreenMetric 2024 untuk merasakan langsung keindahan dan tata kelola lingkungan kota ini. Dengan menggunakan Macito, bus wisata andalan Malang, peserta diajak menjelajahi sudut-sudut ikonik kota yang sarat nilai historis dan lingkungan.

“Kami ingin memperkenalkan Kota Malang dari perspektif tata kota dan pengelolaan energi, agar para peserta bisa melihat langsung upaya keberlanjutan yang kami jalankan,” ungkap Alfiyanda Kurnia Putra, Koordinator Lokakarya UI GreenMetric 2024, sesaat sebelum keberangkatan.

Rute City Tour membawa peserta melewati kawasan-kawasan ikonik seperti Kawasan Ijen, Alun-Alun Tugu, Kayu Tangan Heritage, hingga Balai Kota Malang. Setiap titik memiliki cerita tersendiri tentang sejarah dan kepedulian lingkungan, sejalan dengan misi UI GreenMetric yang mempromosikan energi bersih dan keberlanjutan lingkungan.

Respon positif muncul dari para peserta, salah satunya Riyan Hidayat dari Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin. “Kegiatan ini luar biasa, UM memiliki fasilitas yang sangat baik. Selain itu, City Tour ini memberikan banyak wawasan baru bagi saya tentang Kota Malang, yang sebelumnya belum saya ketahui,” ujar Riyan dengan penuh antusias.

Tak hanya memperkenalkan keindahan kota, City Tour ini juga memberi kesempatan bagi peserta untuk menikmati produk-produk lokal dari UMKM Malang yang ramah lingkungan, mendukung ekonomi kreatif sekaligus visi keberlanjutan.

Melalui kegiatan ini, UM tak hanya berhasil mengenalkan Kota Malang, tapi juga menegaskan perannya dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya pada aspek lingkungan dan ekonomi berkelanjutan.

Pewarta: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Foto: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM