image_pdf
Wakil Rektor I UM, Prof. Ibrahim Bafadal, M.Pd meberikan hadiah kepada pemenang lomba tracer study

Universitas Negeri Malang (UM) secara resmi berikan penghargaan bagi alumni UM lulusan 2021 pada kegiatan Tracer Study dalam rangka pemenuhan Indikator Kinerja Utama (IKU) poin 1 UM tahun 2022. Penghargaan tersebut berupa pemberian hadiah 5 buah ponsel dan 50 paket data yang diberikan langsung kepada para pemenang oleh Wakil Rektor 1, Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, serta perwakilan tim Tracer Study UM pada Selasa (03/01) di gedung Graha Rektorat UM lantai 1. Penghargaan diberikan sebagai bentuk apresiasi untuk beberapa alumni dalam dedikasinya menyempurnakan dan menjamin mutu proses pendidikan di UM melalui kegiatan Tracer Study UM.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd. M.M., menjelaskan Tracer Study adalah salah satu komponen penting dalam perguruan tinggi. Tracer Study sendiri adalah kegiatan melacak dan mengetahui perkembangan kehidupan dari para alumni UM. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas sistem pendidikan dan meningkatkan peringkat UM di mata dunia.

Perwakilan para pemenang lomba traceer study bersama staf Direktorat Kemahasiswaan UM

”Artinya setelah mahasiswa lulus kita harus tahu apa kontribusinya di masyarakat. Ini menjadi poin penting. Jangan sampai kita bisa menghasilkan produk tapi tidak tahu apa hasil dari produknya,” tambah Dr. Heny.

Sejalan dengan hal itu, perwakilan tim Tracer Study UM, Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd, M.Pd., menambahkan bahwa kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak 2 tahun lalu di UM. ”Tim kami sudah terbentuk pada tahun 2021 dan ada perwakilan dari setiap fakultas yang berfungsi untuk melakukan tracing alumni-alumninya,” paparnya.

Dosen dari Fakultas Teknik itu menjelaskan bahwa tim Tracer Study UM bertugas untuk memotret dan menyerap data dari para alumni. Hasil survei akan dikembalikan ke bagian kemahasiswaan UM. Tentu, tim Tracer Study UM tidak melakukannya sendirian. Unit Pelaksana Teknis Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT PTIK) UM turut membantu dalam membentuk sistem terbaik bagi para alumni melakukan komunikasi satu sama lain.

Tracer Study UM memiliki suatu sistem yang berdiri sendiri dan bisa diakses di tracer.um.ac.id, yang menjadi wadah bagi para alumni UM untuk saling membantu. Andika menuturkan bahwa sistem tersebut kini hanya digunakan untuk mengisi biodata para alumni dan sedang dalam proses pengembangan. Harapannya, sistem ini dapat berjalan selayaknya platform Facebook, dimana para alumni UM dapat berkomunikasi satu sama lain dengan mudah. 

”Jadi kalau misalnya ada alumni yang ingin ke Kalimantan atau Sulawesi, mereka tinggal buka sistem ini dan bisa dicek alumni dari domisili tersebut dan tertera kontaknya. Sehingga tidak ada istilahnya alumni UM tersesat, sesama alumni diharapkan dapat saling membantu satu sama lain,” ujar Andika.

Sebagai bagian dari tim Tracer Study UM, Andika berharap kegiatan ini dapat berjalan lebih baik dan pesat di tahun-tahun berikutnya. ”Semoga strategi dan rencana yang hendak kami lakukan di tahun 2023 dan tahun-tahun selanjutnya dapat berjalan lancar. Juga semoga dapat memberikan manfaat serta bisa membawa nama UM lebih baik dan bersinar lagi,” pungkasnya.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM