image_pdf
Pembacaan Ikrar Wisudawan

Wisuda adalah momen bersejarah bagi mahasiswa sebagai tanda telah berhasil menyelesaikan studi dan menjadi gerbang awal menghadapi dunia kerja. Tidak hanya bagi mahasiswa, para orang tua juga menantikan momen berharga sang anak.  Setelah berhasil selenggarakan wisuda secara luring pada tiga periode sebelumnya, Universitas Negeri Malang (UM) kembali sukses adakan wisuda ke-115 secara luring. Wisuda diselenggarakan di Graha Cakrawala UM pada Sabtu (1/10/2022) serta ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi UM. Acara turut dihadiri oleh Rektor UM beserta jajaran, Ketua dan anggota Senat Akademik Universitas, para wisudawan, panitia yang bertugas dan segenap undangan.

Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd bersama para lulusan terbaik pada Wisuda ke-115 Lulusan UM

Sama seperti sebelumnya, seluruh wisudawan dapat didampingi kedua orang tua atau wali untuk saksikan momen penting di hidupnya. Dalam kesempatan ini, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., mewakili seluruh pimpinan UM berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh para mahasiswa yang diwisuda. Beliau turut sampaikan selamat kepada orang tua dan wali wisudawan atas keberhasilannya mengantarkan sang anak menyelesaikan studi di UM dengan lancar.  

Rektor juga menyampaikan kepada para mahasiswa untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan untuk dapat hadapi berbagai tantangan di dunia kerja yang kompetitif. Beliau berharap para mahasiswa yang lulus dapat menjadi sosok yang berpikir kritis, kreatif, dan dapat berkomunikasi kepada siapapun dengan baik, sopan, dan lugas. Beliau berpesan untuk terus tingkatkan kualitas diri yang harus dikembangkan terus-menerus, tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. “UM bertujuan untuk mendidik saudara menjadi manusia terhormat, atau manusia yang dapat memberi manfaat kepada semua lapisan masyarakat. Semoga saudara bisa menjadi sosok yang sukses dan berkarir, dimanapun karir yang dipilih,” pungkasnya.

Jumlah wisudawan yang terdaftar dalam wisuda periode 115 ini sebanyak 1.086 orang, jumlah lulusan yang mencapai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lebih besar dari 2,75 pada program Diploma dan Sarjana sebanyak 859 orang (99,42%). Sedangkan predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 688 orang (79,63%); Sangat Memuaskan sebanyak 171 orang (19,79%); dan Memuaskan sebanyak 5 orang (0,58%). Untuk program Magister dan Doktor, predikat yudisium kelulusannya adalah sebagai berikut: Dengan Pujian sebanyak 94 orang (70,68%); Sangat Memuaskan sebanyak 36 orang (27,07%); dan Memuaskan sebanyak 3 orang (2,26%).

Dari keseluruhan lulusan wisuda periode 115 di atas, 4 (empat) orang berhasil lulus dengan prestasi terbaik bidang akademik tingkat universitas, yaitu lulusan dengan IPK tertinggi dan lama studi tepat waktu pada suatu jenjang pendidikan. Nama-nama keempat lulusan tersebut kami sampaikan beserta gelar akademik dan sebutan profesionalnya, sebagai berikut. 

Diploma Program III: Icha Sivana BR Bangun, A.Md, putri Bapak Kencana Enda Bangun dan Ibu Elpiani; IPK = 3,95; lama studi 6 semester; Program Studi D3 Manajemen Pemasaran, Fakultas Ekonomi dan Bisnia (FEB); yudisium Dengan Pujian. 

Degree program: Muhamad Eka Ariwibowo, S.Pd, putra Bapak Hambar Zulis Tanto dan Ibu Luluk Sugiartini; IPK = 3,76; lama studi 7 semester; Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK); yudisium Dengan Pujian 

Masters Program: Lia Muslika, M.Pd, putri dari Bapak Solichul Hadi dan Ibu Widji Lestari; IPK = 3,98; lama studi 3 semester; Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP); yudisium Dengan Pujian.  

Doctoral Program: Dr. Atik Umamah, putri dari Bapak Jawahir dan Ibu Siti Maryam; IPK = 3,95; lama studi 6 semester; Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra (FS), yudisium Dengan Pujian. 

Sedangkan untuk lulusan dengan prestasi terbaik bidang non akademik tingkat universitas, diraih oleh Jasmine Nurul Izza, S.Pd; Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Special Moment; Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd (ketiga dari kanan) mendapat bouquet bunga. Momen wisuda ke-115 UM merupakan kesempatan terakhirnya mewisuda lulusan UM sebagai Rektor. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd merupakan Rektor UM dua periode yaitu; periode 2014-2018 dan 2018-2022.

Dengan demikian, UM telah meluluskan sebanyak 146.284 orang; terdiri dari 2.251 orang lulusan program Doktor, 11.563 orang lulusan program Magister; 95.806 orang lulusan program Sarjana, 16.818 orang lulusan program Diploma III; 1.833 orang lulusan PPG; dan 18.013 orang lulusan program Non Gelar. 

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM