image_pdf

Poor. Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji Pegawai Negeri Sipil (PNS), sebagai acara seremonial peresmian pengangkatan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dilaksanakan secara langsung di Aula Graha Rektorat lt 9 dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang ketat dan secara virtual melalui platform Zoom Meeting, pada Kamis (22/04). Acara ini dihadiri langsung oleh Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., Wakil Rektor II, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., Wakil Rektor III, Dr. Mu`arifin, M.Pd., Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., Para Dekan, 3 orang Rohaniawan dan 16 orang perkawilan PNS dari 113 PNS yang akan diambil sumpahnya.

Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan sumpah yang dipimpin langsung oleh Rektor UM. “Apakah Saudara bersedia disumpah janji PNS pada pagi hari ini? Sumpah ini merupakan tanggung jawab anda terhadap Indonesia, Pancasila, UUD 1945 serta kesejahteraan rakyat. Selain itu pengambilan sumpah ini tidak hanya disaksikan oleh diri sendiri, melainkan disaksikan pula oleh orang lain dan yang pasti akan disaksikan oleh oleh Tuhan Yang Maha Esa, yang mengetahui apa yang tampak dan apa yang tersembunyi,” ucap Prof. Rofi` sebelum membacakan teks sumpah untuk memantapkan hati para PNS.

Acara pengambilan sumpah janji PNS UM ini berjalan dengan sangat khidmat dengan didampingi oleh Rohaniawan sesuai dengan kepercayaan tiap-tiap PNS. Acara ini merupakan salah satu momentum penting pada perjalan seorang PNS yang memang dari awal memiliki keinginan untuk mengabdikan diri pada profesi tersebut. Dalam sambutannya, Rektor UM berpesan agar para PNS mematuhi semua peraturan yang sudah disepakati dalan Undang-Undang. “Bagi semua bapak ibu yang telah disumpah hari ini saya harap bisa mematuhi semua peraturan yang ada di Undang-Undang sebagai hukum positif yang ada di Negara kita. Jangan sampai melaukan hal-hal yang melanggar aturan dengan alasan tidak tahu,” ungkapnya.

“Terakhir, saya ucapkan selamat dan semoga anda bisa menjalankan amanah menjadi seorang PNS dengan baik dan benar, karena untuk masa sekarang menurunkan jabatan PNS adalah hal mudah. Namun bukan itu poin utamanya, tapi anda harus selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik,” pungkasnya.

Acara ini diakhiri dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. Drs. H. Moh. Khasairi, M.Pd., dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat oleh Rektor, Wakil Rektor dan Rohaniawan secara langsung serta penandatangan berita acara pengambilan sumpah janji PNS UM.

UM Public Relations