Program studi Psikologi berdiri pada tanggal 2 Mei tahun 2000 dalam naungan Jurusan Bimbingan Konseling dan Psikologi FIP. Dalam perkembangan organisasi dan menjawab harapan masyarakat, prodi psikologi berkembang menjadi Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) yang diresmikan pada tanggal 2 Februari 2012. Saat ini FPPsi memiliki 1 jurusan dengan 1 program studi S1 dan 1 program Doktor Psikologi Pendidikan. Program studi S1 Psikologi memiliki 5 peminatan bidang, yaitu Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi perkembangan, dan Psikologi Sosial.

Jurusan dan Program Studi

  1. Jurusan Psikologi (Psi)

Program Kegiatan

  • FPPsi Universitas Negeri Malang sesuai dengan visinya menerapkan keunggulan dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi.
  • Pengajaran dan Pendidikan: FPPsi menerapkan pembejalaran inovative learning dengan lebih banyak menekankan pada
  • aplikasi teoritis dan kegiatan praktis sesuai dengan pembahasan bidang keilmuan yang dipelajari. Mahasiswa dibekali teori di kelas dan diberi kesempatan untuk mempraktikkan secara riil sesuai kenyataan lapangan.
  • Penelitian: Baik dosen maupun mahasiswa secara konsisten mengembangkan penelitian sesuai dengan minat bidang keilmuan dan memiliki manfaat praktis bagi masyarakat.
  • Pengabdian kepada masyarakat: Baik dosen maupun mahasiswa secara konsisten terjun ke masyarakat mengaplikasikan bidang keilmuan dan ikut berperan serta membangun masyarakat yang berdaya, dengan melayani pemetaan kemampuan, minat, bakat dan kompetensi sesuai dengan permintaan individu maupun lembaga pendidikan atau perusahaan berdasarkan profesi bidang keilmuan psikologi

Prestasi Mahasiswa

Pada tahun 2014 PKM mahasiswa FPPsi yang diusulkan ke Dikti sebanyak 97 proposal dan yang diterima (mendapat dana dari Dikti) sebanyak 12 proposal. (PKM KC = 5 proposal; PKM K = 2 proposal; PKM PSH = 3 proposal; dan PKM M = 3 proposal).