Fakultas Sastra (FS) – dahulu Fakultas Keguruan Sastra dan Seni–berdiri pada tahun 1954 bersamaan dengan berdirinya Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) yang merupakan cikal bakal UM. Saat ini FS mengelola 6 jurusan yang memiliki 11 program studi S1; 2 program studi D3; 5 program studi S2; dan 2 program studi S3.

Jurusan dan Program Studi

  1. Jurusan Sastra Indonesia (IND)
  2. Jurusan Sastra Inggris (ING)
  3. Jurusan Sastra Arab (ARA)
  4. Jurusan Sastra Jerman (JRM)
  5. Jurusan Seni dan Desain (SED)
  6. Program Studi S2 Keguruan Bahasa

Prestasi Unggulan

  • Critical Language Scholarship (CLS)
    FS UM menyelenggarakan program Critical Language Scholarship (CLS) bekerja sama dengan Departemen Luar Negeri Amerika Serikat untuk 30 mahasiswa asing dari Amerika Serikat. Mereka mendalami bahasa & kebudayaan Indonesia selama 2 bulan; serta terdapat 29 mahasiswa Amerika Serikat yang mengikuti program ini.
  • Dharmasiswa
    FS UM menyelenggarakan pendidikan Program Dharmasiswa bidang bahasa dan budaya Indonesia. Program ini merupakan kerja sama Pemerintah Indonesia dengan pihak luar negeri yang diikuti oleh 10 orang: China 1 orang, Hungaria 1 orang, Madagaskar 2 orang, Rusia 1 orang; Singapura 1 orang, Thailand 2 orang, dan Ukraina 2 orang. Program tersebut juga diikuti 15 orang: Ceko 1 orang, Hungaria 1 orang, Madagaskar 1 orang, Polandia 3 orang, Thailand 3 orang, Vietnam 1 orang, Serbia 1 orang, dan Slovakia 4 orang; serta diikuti 6 orang: Cambodia 1 orang, China 3 orang, Madagaskar 2 orang.
  • Pertukaran Mahasiswa
    FS UM melaksanakan program pengiriman delegasi mahasiswa ke Bonn Jerman untuk mengikuti Kursus Intensif Bahasa Jerman dengan Beasiswa dari Goethe Institut Indonesia a.n. Rian Kurnia Agustin dan mengikuti program gelar ganda di Konstanz University of Applied Science a.n. Mohamad Reza Nurhardyansyah (Jurusan Sastra Jerman). Pada tahun 2014 FS UM mengirim delegasi mahasiswa ke Jerman 1 orang, China 8 orang, Mesir 1 orang, Jepang 1 orang, dan Korea Selatan 9 orang.
  • In-Country Program
    FS UM menerima 12 mahasiswa dari Jurusan Regional Studies Universitas Walailak Thailand dalam rangka pelaksanaan “In-country Program” untuk belajar bahasa dan budaya Indonesia. Pada tahun 2014 FS menerima 15 mahasiswa dari jurusan Regional Studies Universitas Walailak Thailand.
  • Program Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (BIPA)
    FS UM menyelenggarakan Program Kemitraan Negara Berkembang (KNB) yang merupakan kerjasama Ditjen Dikti dengan Kemitraan Negara Berkembang untuk belajar bahasa Indonesia dan program matrikulasi bagi penutur asing. Program itu diikuti 6 negara (Malagasy, Uzbekistan, Thailand, Afrika Selatan, Laos, dan Meksiko. Di samping itu, 3 orang mahasiswa dari Jepang danThailand mengikuti program BIPA dengan dana mandiri.
  • Gelar Ganda Luar Negeri
    FS UM bekerja sama dengan Hochschule Konstanz University of Applied Dcience (HTWG), Jerman. Hingga tahun 2014 program ini telah diikuti oleh 4 orang.
  • Cultural Immersion Program
    FS UM menyelenggarkan cultural immersion program untuk mahasiswa jurusan Jerman dengan cara mahasiswa mencari induk semang di Jerman melalui internet. Di Jerman mereka belajar bahasa, budaya, dan bekerja selama 1 – 2 semester. Mahasiswa Jurusan Sastra Jerman yang mengikuti program ini berjumlah 4 orang.
  • Program sandwich dan program academic recharging (PAR)
    Satu orang dosen FS (Prof. Ali Saukah) menjadi dosen tamu di Ohio State University, Amerika Serikat. Dua orang dosen FS (Dr. Suharmanto & Prof. Nurul Murtadho) mengikuti kegiatan Higher Education Leadership Management Action Research yang dibiayai oleh USAid bekerjasama dengan Dikti di Manila. Satu orang dosen (Prof. Yazid Basthomi) yang mengikuti PAR di New York.
  • Summer Course
    Setiap tahun mahasiswa FS UM program studi Pendidikan Bahasa Jerman selalu mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan kursus Bahasa Jerman pada musim panas di Jerman selama satu bulan. Ini merupakan kerjasama prodi Pendidikan Bahasa Jerman FS UM dengan Dinas Pertukaran Akademisi Jerman (DAAD).

Fasilitas Unggulan

  • Masing-masing jurusan di FS memiliki sarana laboratorium sesuai dengan bidang keilmuan. Jurusan Sastra Indonesia memiliki Lab. Drama dan Lab. Multimedia, Jurusan Sastra Inggris memiliki English Self Access Center (ESAC), Jurusan Sastra Arab memiliki Martadza, Jurusan Sastra Jerman memiliki Mediotek, dan Jurusan Seni dan Desain memiliki Studio Rekam, Lab. Fotografi, Lab. Tari, Lab. Kriya, dan Lab. Keramik. FS juga memiliki Lab. Bahasa, Lab Komputer, Lab. Micro-Teaching untuk keperluan bersama di
    Fakultas.
  • Perpustakaan FS memiliki koleksi 3.018 judul buku dengan jumlah buku 12.935 eksemplar. Jenis pustaka yang dimiliki berkaitan dengan bidang bahasa, sastra, seni, desain. Jam pelayanan Senin–Kamis 08.00–14.00, hari Jumat pukul 08.00–11.00 dan 12.30–14.00
Alamat Kontak:Jalan Semarang 5 Malang 65145
Telepon:+62-341-567475
E-mail:dekan.fs@um.ac.id
Website:http://sastra.um.ac.id