FAQ: Akademik

Cara Mendapatkan Transkrip Nilai Semester/ KHS

Pencetakan KHS mahasiswa dilayani pada loket A Sub Bagian Akademik dan Evaluasi Gedung Graha Rektorat UM Lantai 2 dengan menunjukkan KTM.

Cara mengganti nomor HP pada kartu peserta UTBK

Calon mahasiswa harus dating di Pusat UTBK pilihan dengan membawa data pendukung atau identitas diri

Cara mengurus SKL (surat keterangan Lulus)

Bisa menghubungi bagian Akademik Fakultas masing-masing.

Info jadwal perkuliahan

Pada masa pandemi kegiatan perkuliahan, pembimbingan, dan ujian dilakukan secara daring.

Informasi Jalur Masuk UM

Dapat diakses pada laman: http://home.seleksi.um.ac.id/

Informasi penerimaan mahasiswa baru Alih Jenjang

Dapat diakses pada laman http://home.seleksi.um.ac.id/jalur-masuk/seleksi-mandiri-program-alih-jenjang-spaj/

Informasi penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri

http://seleksi.um.ac.id (masih menunggu update jadwal pendaftaran)

Informasi penerimaan mahasiswa baru jalur SBMPTN

Dapat diakses pada laman: https://ltmpt.ac.id/

Informasi tentang cara pendaftaran UTBK dan SBMPTN

Panduan Pendaftaran: https://drive.google.com/file/d/1qw9VDe0D6F-0MG0rf47hADCB7m4RWJEz/view

Kelengkapan Peserta UTBK

  1. Membawa Kartu Peserta
  2. FC Ijazah yang dilegalisir atau SKL yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah serta berisi nama siswa, NISN, NSN sekolah dan pasfoto siswa terbaru (3 bulan terakhir)
  3. Menggunakan masker saat berada di lokasi ujian serta menjaga jarak dengan peserta lain.

Mencetak Kartu Hasil Studi

Bisa dilayani di Subbag Akademik BAKPIK Graha Rektorat lantai 2 Loket A

Mengganti foto pada kartu peserta UTBK

Calon mahasiswa harus dating di Pusat UTBK pilihan dengan membawa data pendukung atau identitas diri

Mutasi Internal

  1. Mahasiswa dapat mengajukan pindah program studi setelah memasuki semester IV dan proses pengurusan surat kepindahan dapat dilakukan pada semester IV dan seterusnya.
  2. Mahasiswa pindahan dalam lingkungan UM diwajibkan mengajukan permohonan tertulis ditandatangani yang bersangkutan, dan diketahui oleh orangtua/wali, dosen PA, Ketua Jurusan serta Dekan dengan alasan kepindahan yang kuat.
  3. Surat permohonan pindah mahasiswa dalam lingkungan UM ditujukan kepada Dekan Fakultas dan Ketua Jurusan yang dituju disertai lampiran sebagai berikut:
    1. fotokopi Kartu Hasil Studi (KHS) tiap semester dan keterangan IPK yang disahkan oleh Kepala BAKPIK;
    2. surat atau memo persetujuan dari Kajur/Korprodi yang dituju berdasarkan hasil konsultasi;
    3. surat persetujuan pindah program studi dari atasan langsung bagi yang bekerja atau sponsor bagi yang dibiayai sponsor.
  4. Pengajuan permohonan pindah paling lambat dua bulan sebelum masa registrasi.
  5. Permohonan pindah tidak dapat dipertimbangkan apabila pengajuannya melampaui batas waktu seperti tersebut pada Ayat (4)
  6. Mahasiswa pindahan yang telah mendapat persetujuan diterima dibuatkan Surat Keterangan Persetujuan Pindah (SKPP) oleh Dekan fakultas yang menerimanya, yang diberikan kepada mahasiswa yang bersangkutan dengan tembusan kepada:
    1. Rektor;
    2. Dekan dan/atau Ketua Jurusan/Koordinator Program Studi asal;
    3. Kepala BAKPIK dan Kepala BUK;
    4. Kepala Pusat TIK;
    5. Kasubag Registrasi dan Statistik;
    6. Dosen PA asal mahasiswa yang bersangkutan; dan
    7. Orang tua/wali/sponsor yang bersangkutan

Peminjaman ijazah

Prosedur Peminjaman Ijazah bisa diikuti panduan pada: http://bakpik.um.ac.id/tata-cara-peminjaman-ijazah-dan-transkrip-um/

Pencetakan Transkrip Nilai

Bisa menghubungi nomor Helpdesk 081217366627

Prosedur Pengajuan cuti kuliah

  1. Mahasiswa datang ke loket C Sub Bagian Registrasi dan Statistik Graha Rektorat UM Lantai 2 untuk meminta dan mengisi kartu proses penjajakan kuliah, surat pernyataan cuti kuliah, dan surat permohonan cuti kuliah
  2. Mahasiswa menemui dan meminta tanda tangan persetujuan Ketua Jurusan dan Dosen Penasehat Akademik pada kartu proses penjajakan cuti kuliah dan surat permohonan cuti kuliah
  3. Mahasiswa datang ke Laboratorium Jurusan/Fakultas guna meminta tanda tangan Petugas untuk memastikan bahwa tidak sedang mempunyai pinjaman/tanggungan
  4. Mahasiswa dating ke Subbag Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas guna meminta tanda tangan Petugas untuk memastikan bahwa tidak sedang mempunyai pinjaman/tanggunga
  5. Mahasiswa datang ke Perpustakaan Pusat guna meminta tanda tangan Petugas Perpustakaan untuk memastikan bahwa tidak sedang mempunyai pinjaman/tanggungan
  6. Mahasiswa datang ke Subbag PNBP Gedung Graha Rektorat UM Lantai 4 guna meminta tanda tangan Petugas untuk maemastikan bahwa telah lunas biaya pendidikan/UKT
  7. Mahasiswa datang ke Subbag Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa (Pelkesma) guna meminta tanda tangan Petugas untuk memastikan bahwa tidak sedang mempunyai tanggungan
  8. Mahasiswa datang ke loket C Sub Bagian Registrasi dan Statistik Graha Rektorat UM Lantai 2 guna mendapatkan layanan cuti kuliah
    Selengkapnya: http://kemahasiswaan.um.ac.id/proses-penjajakan-cuti-kuliah/

Pengajuan Keringanan UKT

Panduan dapat diunduh: https://um.ac.id/wp-content/uploads/2020/06/Panduan-Aplikasi-Pengajuan-UKT-Semester-Gasal-2020-min.pdf

Pengambilan Ijazah

Penyerahan Ijazah, Akta, Transkrip asli, dan Legalisir bagi wisudawan jenjang D3, S1, S2 dilaksanakan di fakultas masing-masing, kecuali S2 Dikdas di Pascasarjana. Sedangkan untuk wisudawan jenjang S3 (Doktor), dilakukan di Subag Akademik dan Evaluasi (AE) BAKPIK, Loket A Lantai 2, Graha Rektorat UM

Proses Pengurusan Kehilangan Ijazah

Silahkan mengikuti panduan pada laman: http://bakpik.um.ac.id/tata-cara-permohonan-surat-keterangan-pengganti-ijazah-transkrip-dan-sertifikat-pendidik/

Registrasi SNMPTN

Silahkan mengikuti alur registrasi pada: https://um.ac.id/pengumuman/pengumuman-registrasi-administrasi-calon-mahasiswa-baru-universitas-negeri-malang-um-jalur-snmptn-tahun-akademik-2021-2022/

Relokasi UTBK

Pengumuman dapat diunduh pada https://um.ac.id/pengumuman/surat-edaran-relokasi-utbk-sbmptn-2020/

Surat Keterangan Mahasiswa UM

Prosedur mendapatkan surat keterangan Mahasiswa: Scan/Foto KTM dan KTP, disertai keterangan Nama, NIM, dan Alamat “Lengkap” kirim ke nomor WA 08885522544

Surat Keterangan Sehat Peserta UTBK

Panitia LTMPT dan Pusat UTBK PTN akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk kepentingan pelaksanaan UTBK sesuai  dengan protokol kesehatan

Informasi persyaratan mengikuti seleksi UTBK

Dapat diakses pada laman: https://ltmpt.ac.id/