Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)Universitas Negeri Malang adalah salah satu unit yang bertugas mengoordinasikan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Lembaga ini merupakan gabungan Lembaga Penelitian dan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat. LP2M memiliki tujuh pusat kegiatan yakni (1) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Pendidikan (P3P) (2) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Sain Teknologi Industri dan HaKI (PPSTI & HaKI) (3) Pusat Penelitian dan Pengabdian Bidang Lingkungan Hidup dan Manajemen Bencana Alam (P3LHMBA) (4) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Jender dan Kependudukan (P3JK) (5) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Sosial Humaniora dan Olah Raga (P2SHOK) (6) Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Bidang Ekonomi dan Kewirausahaan (P3EK) dan (7) Pusat Pengembangan Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (P2SWKKN).

 LP2M sampai saat ini telah melaksanakan dan melaporkan ribuan kegiatan penelitian dalam berbagai bidang dan pengabdian kepada masyarakat bidang kependidikan dan nonkependidikan pada skala regional maupun nasional. Kegiatan tersebut melibatkan seluruh dosen tenaga laboran tenaga teknis yang relevan pendidik tenaga ke-pendidikan pejabat pemerintah dan masyarakat. Hasil-hasil kegiatan penelitian dimanfaatkan untuk pengembangan ilmu dan memecahkan masalah-masalah empiris di tengah masyarakat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat diarahkan pada pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat sehingga menjadi sumber daya pembangunan lebih mandiri produktif dan kreatif.

LP2M sudah menjalin jaringan kerja sama yang luas baik dalam skala regional nasional maupun internasional. Pihak-pihak yang telah memiliki kerja sama formal antara lain (1) Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur (2) Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Pemerintah Provinsi Jawa Timur (3) Badan Pe-rencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Nunukan (4) Pemerintah Daerah Kota Batu (5) Badang Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur (6) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan (7) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Probolinggo.

Prestasi dan Program Unggulan

  • Pemetaan sekolah pemetaan anak jalanan pemetaan potensi industri daerah pemetaan dan pengembangan model investasi sumber daya alam pemetaan dan pengembangan sosial ekonomi dan budaya pemetaan potensi aparatur pemerintah daerah pemetaan dan peng-inderaan jauh dan sistem informasi geografi.
  • Penelitian dan pengembangan kurikulum
  • Penelitian dan pengembangan pendidikan kecakapan hidup
  • Pengembangan teknologi dan diversifikasi produk
  • Pengembangan model dan prototype
  • Pengujian kualitas lingkungan
  • Penelitian dan pengembangan pendidikan lingkungan hidup
  • Penelitian dan pengembangan sekolah hijau
  • Penelitian dan pengembangan material baru
  • Studi evaluasi proyek dan program pendidikan
  • Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bidang jender
  • Transformasi muatan iptek melalui penyusunan dan implementasi KBK CTL PTK media dan berbagai pendekatan pembelajaran inovatif
  • Pelatihan lokakarya pendampingan dan bantuan keahlian kepada tutor penyelenggara kelompok belajar dan pengelola PKBM (serta warga belajarnya) dengan mentransformasikan muatan iptek melalui implementasi manajemen PKBM dan Kejar penerapan andragogi dalam pembelajaran metode dan media pembelajaran orang dewasa.
  • Pelatihan lokakarya pembinaan kelas khusus magang perkuliahan konsultasi stimulansi modal bantuan akses dan promosi dengan mentransformasikan muatan iptek dalam      AMT versi MacClelland manajemen perintisan usaha kecil pembuatan SKU prinsip-prinsip marketing magang singkat dan stimulansi modal awal
  • Bantuan dan rekayasa teknologi pelatihan lokakarya bimbingan teknis pendampingan percontohan dan bantuan keahlian berbasis kebutuhan
  • Workshop penulisan artikel ilmiah oleh jurnal penelitian kependidikan

Publikasi Informasi Ilmiah

Kumpulan Judul Penelitian (terbit tiap tahun)Kumpulan Abstrak Penelitian dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris (terbit tiap tahun)Jurnal Penelitian Pendidikan (terbit 2 nomor dalam 1 tahun)Jurnal Studi Sosial (terbit 2 nomor dalam 1 tahun)Buku Statistik Perkembangan Penelitian (terbit tiap tahun)

Fasilitas Unggulan

Perpustakaan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan dan nonpendidikanPerpustakaan studi jenderJurnal hasil-hasil penelitian para dosen dan tenaga ahli lainnya
Alamat: Jalan Semarang 5 Malang 65145
Telepon: +62-341-580311
E-mailketua.lp2m@um.ac.id
Websitehttp://lp2m.um.ac.id