UPT Perpustakaan

Perpustakaan sebagai lembaga penunjang universitas selalu mendukung untuk pening­katan mutu lulusan mahasiswanya. Sejak ta­hun 2009 Perpustakaan Universitas Negeri Malangmenyediakan layanan perpustakaan digital atau E-Library yaitu jurnal online. Jurnal online internasional Pro-Quest Ebsco dan Gale Engage yang dilanggankan melalui Dikti. Akses e-journal melalui komputer dapat dilakukan di ruang majalah dan akses intemet melalui hotspot. Alamat situs jurnal online dapat dilihat melalui website Perpustakaan di http://library.um.ac.id.

Fasilitas layanan E-Library lainnya adalah OPAC (Online Public Access Catalog) yang terdiri atas koleksi muatan lokal (MULOK) Universitas Negeri Malang dan koleksi buku. Koleksi buku dan Mulok berisi karya ilmiah skripsi tugas akhir tesis disertasi dan pidato guru besar dalam bentuk abstrak mau­pun full text. Akses database tersebut dapat dilakukan melalui internet dengan alamat http://mulok.library.um.ac.id.

Pengembangan koleksi pustaka (teks Indonesia/Inggris) melalui dana pengadaan yang bersumber dana PNBP dan dana BOPTN. Pada tahun 2013 jumlah koleksi secara keseluruhan sebanyak 44.175 judul atau 104.822 eksemplar. Pemilihan koleksi buku tersebut melibatkan dosen dan mahasiswa. Usulan pengadaan buku baru oleh mahasiswa dapat dilakukan dengan mengisi form elektronik yang terdapat pada Menu OPAC. Dengan strategi tersebut diharapkan sumber informasi yang tersedia dapat dimanfaatkan secara maksimal. Selain koleksi pustaka (teks Indonesia/Inggris) pada tahun 2013 melakukan pengembangan koleksi e-book melalui dana pengadaan yang bersumber dana BOPTN sejumlah 173 judul (Oxford Scholarship dan Willey) yang dapat di akses melalui LAN maupun Wifi di lingkungan UM dengan alamat http://library.um.ac.id/index.php/E-Book-Online/e-book-online.html

Kemudahan dalam pemberian layanan kepada civitas akademika menjadi prioritas pengembangan software system infor­masi perpustakaan terus dikembangkan untuk mem­berikan kemudahan dalam pemberian layanan. Saat ini sistem layanan sirkulasi mengunakan layanan Mandiri. Mahasiswa dapat langsung melakukan peminjaman dan perpanjangan buku maupun peminjaman koleksi reserve secara mandiri melalui komputer yang disediakan di bagian layanan tanpa melalui petugas perpustakaan. Layanan penjejakan bebas pinjam perpustakaan dalam satu loket Tata Usaha.

Dalam rangka penyebaran informasi karya ilmiah melalui internet semua mahasiswa diwajibkan untuk upload abstrak ke website Universitas Negeri Malang. Upload karya ilmiah mahasiswa S1 dan mahasiswa diploma dilakukan melalui terminal komputer di Perpustakaan. Materi upload abstrak karya ilmiah telah memberikan kontribusi dalam perangkingan versi webometric sehingga website UM periode Januari 2013 menempati urutan ke 12 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia dan menempati urutan pertama untuk kategori universitas eks-IKIP.

Universitas Negeri Malang pada tahun 2009 telah mengadakan nota kerjasama dengan Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta dalam bidang penyediaan koleksi berbahasa Arab. Kerjasama yang bemama “Arab Saudi Corner” menyediakan berbagai bahan pustaka tentang kajian ilmu keislaman dalam bentuk buku e-book dan artkel fulltext yang ditempatkan di Ruang Reserve Gedung Lantai III Per­pustakaan.  Pada tahun 2012 Perpustakaan UMmelakukan kerja sama dengan Konjen Amerika di Surabaya untuk membangun layanan US Reference Center. Koleksi bantuan dari kedutaan besar Arab Saudi dan Konjen Amerika di Surabaya dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan dipinjam maupun di download melalui sarana komputer yang telah disediakan. Tahun 2012 Perpustakaan UM menyediakan layanan baru yaitu  Layanan Internet Gratis bagi maha­siswa yang tidak mempunyai notebook. Untuk layanan ini disediakan 10 PC yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk melakukan aktivitas yang terkoneksi dengan Internet dengan bandwidth 3Mbps. Selain itu di gedung perpustakaan dan sekitarnya sudah disediakan 2 titik layanan hotspot internet gratis yang dapat dimanfaatkan untuk membantu kegiatan belajar mahasiswa.