UPT Pusat Pengembangan Laboratorium Pendidikan (P2LP)

P2LP adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) perubahan dari Badan Pengembangan Laboratorium Pendidikan (BPLP) Universitas Negeri Malang yang mempunyai tugas mengelola dan mengembangkan Sekolah Laboratorium UM yang terdiri dari:

  1. PAUD Laboratorium UM di Kota Blitar berlokasi di Jalan Kartini 17 Blitar terdiri dari 6 kelas 8 guru dan pegawai 83 siswa.
  2. PG & TK Laboratorium UM berlokasi di Jl. Magelang 2 Malang terdiri dari 8 kelas 25 guru dan pegawai 135 siswa.
  3. SD Laboratorium UM berlokasi di Jalan Veteran 1 Malang terdiri dari 22 kelas 56 guru dan pegawai 569 siswa.
  4. SD Laboratorium UM di Kota Blitar berlokasi di Jalan Ir. Sukarno 1 Kota Blitar terdiri 5 kelas 14 guru dan pegawai 122 siswa.
  5. SDLB Autis Laboratorium UM berlokasi di Jalan Semarang 5 Malang terdiri dari 8 kelas 22 guru dan pegawai 39 siswa.
  6. SMP Laboratorium UM berlokasi di Jalan Simpang BogorT 7 Malang terdiri dari 22 kelas 52 guru dan pegawai 766 siswa.
  7. SMP Internasional Laboratorium UM berlokasi di Jalan Veteran 1 Malang (satu manajeman dengan SD Laboratorium Um sebagai Pendidikan Dasar).
  8. SMA Laboratorium UM berlokasi di Jalan Bromo 16 Malang terdiri dari 27 Kelas 65 guru dan pegawai. 847 siswa.

Selain sebagai laboratorium pengembangan keilmuan pendidikan Sekolah Laboratorium UM juga dikembangkan menjadi sekolah yang mempunyai keunggulan dalam prestasi keman­dirian iman dan sosial sehingga menjadi rujukan dalam pengembangan pendidikan dan pembelajaran bagi sekolah-sekolah pada umumnya.

Program pengembangan Sekolah Laboratorium UM dirumuskan dalam Program Mastery Progresif. Kata Mastery merupakan akronim dari Mandiri Manusiawi Tuntas Berkelanjutan dan Iman. Sementara kata Progresif menunjuk kepada sistem pendidikan yang bersemangat terus maju dengan mengakomudasi inovasi-inovasi di bidang manajeman pendidikan dan pembela­jaran. Pendekatan pembelajaran yang dikembangkan di antaranya Mastery learning  (belajar tuntas) Humanis (manusiawi) Individualized-study (belajar mandiri) Cooperative-learning (belajar bekerjasama) dan Continuous Progerss (maju berkelanjutan).

Kajian dalam pengembangan kurukulum & pembelajaran menghasilkan pengembangan kurikulum standar Cambridge Internasional Examination dipadukan dengan kurikulum nasional untuk tingkat SD SMP dan SMA termasuk model pembelajaran dan bahan ajarnya. Model ini sudah sampai pada tingkat desiminasi pada beberapa sekolah yang bermitra dengan sekolah laboratorium. Hal ini dapat dilakukan karena Pendidikan dasar Laboratorium Universitas Negeri Malang telah mendapatkan lesensi baik sebagai Cambridge International Center dan sebagai member of the Cambridge International Primary Programme dan Lower Secondary Programme dari Univercity of Cambridge International Examination.

Disamping dengan Univercity of Cambridge International Examination program pengem­bangan juga dilakukan bersama Pittburg Univercity USA. Jalinan kerjasama dalam rangka pengembangan sekolah laboratorium telah dilakukan oleh UM dengan Pittburg University.

Kajian dalam pengembangan ketenagaan menghasilkan model peningkatan kemampuan guru melalui lesson study guru cangkok (sandwich system) dalam upaya peningkatan guru baik guru sekolah laboratorium maupun guru binaan sekolah laboratorium.