image_pdf

Malang. Kabar mengembirakan datang dari atlet badminton Universitas Negeri Malang (UM). Lima mahasiswa UM yang tergabung dalam Tim Beregu Putri menyabet Juara 3 dalam ajang tahunan Liga Mahasiswa Badminton Nasional 2019. Sebelumnya, mereka telah melewati beberapa tahap seleksi tingkat kampus, regional (East Java Conference), hingga beberapa babak di tingkat nasional.

Kelima mahasiswa UM tersebut adalah Palupi Nur Afifah (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 2017), Munada Choirunnisa (Sastra Inggris 2018), Ingeldy Vyola (Ilmu Keolahragaan 2017), Fitria Ayu Nawangwulan (Manajemen 2017), dan Yefi Anggraini (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 2016). Kegiatan ini diselenggarakan di Graha Institut Pertanian Stiper (Instiper) Yogyakarta,  1-9 April 2019. Tim Beregu Putri UM meraih kemenangan atas Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dalam final perebutan tempat ketiga.

Manajer Tim Liga Mahasiswa Badminton UM, Dikhi Setia Kurniawan menyatakan bahwa berbagai persiapan guna mengikuti ajang yang digelar oleh PT. Bina Mahasiswa Indonesia ini telah dipersiapkan sejak Bulan Februari lalu. Dikhi mengaku bahwa Liga Mahasiswa Nasional 2019 benar-benar seru, menegangkan, dan membuat deg-degan. Pasalnya, kompetisi di  fase grup sangat ketat. Tim UM berjumpa tiga perguruan tinggi yanga tangguh seperti; STKIP Pasuruan, Universitas Pelita Harapan (UPH), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) serta Babak Semi Final melawan Universitas Trisakti Jakarta.

Lebih lanjut, dirinya menyatakan puas atas prestasi membanggakan ini.  Tahun sebelumnya tim beregu putri UM juga menjadi juara tiga di ajang yang sama.

“Tahun lalu itu yang tim beregu putri UM juga Juara 3 Nasional, kami bersyukur dapat mempertahankan gelar,” ujar Dhiki.

Mahasiswa Teknik Elektro UM tersebut mengungkap bahwa tahun ini terdapat beberapa pemain dari UM yang absen tidak mengikuti ajang Liga Mahasiswa. Selain itu, lika-liku dalam kompetisi juga menantangnya untuk dapat memanajemen segala keperluan sebaik mungkin.

“Semoga tahun depan bisa meningkat lagi.” Harap mahasiswa Fakultas Teknik UM angkatan 2017 tersebut.

Terdapat beberapa kategori dalam ajang ini, yakni beregu putra, beregu putri, tunggal putra, ganda campuran, dan tunggal putri.

Pewarta           : Umi Nahdhiah – Internship Humas UM