image_pdf

Bandar Lampung. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) berhasil menyabet juara 2 pada Desain Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid Region 1 & 4 tahun 2019 yang diselenggarakan di Universitas Teknorat, Bandar Lampung. Mahasiswa berprestasi yang berpastisipasi dalam kontes ini merupakan 4 Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro UM yaitu Malik Abdul Azis sebagai Ketua Tim KRSBI Humanoid, Ahmad Burhanudin Fahmi sebagai Anggota Tim KRSBI Humanoid, Bagus Aji Saputro sebagai Anggota Tim KRSBI Humanoid dan Misbahul Munir sebagai Anggota Tim KRSBI Humanoid. Kontes yang diadakan selama 2 hari pada Kamis-Sabtu (4-6/4) merupakan  ajang bergengsi mahasiswa karena bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia.

Kontes Robot Indonesia (KRI) adalah ajang kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Kontes yang mengusung tema “Liga Sepkabola Robot Humanoid menuju tahun 2050” telah memasuki tahun ke-7 dalam pelaksanaannya. Kontes ini merupakan ajang kualifikasi nasional untuk mewakili Indonesia dalam RoboCup yang merupakan kompetisi sepakbola resmi tingkat dunia di bawah organisasi RoboCup, seperti organisasi FIFA dalam kejuaraan dunia sepakbola manusia.

Sesuai dengan cita-cita organisasi RoboCup, yaitu bahwa pada tahun 2050 atau hingga 31 tahun lagi organisasi ini mampu mencetak tim sepakbola robot yang mampu melawan tim juara dunia sepakbola sebagai puncak capaian manusia dalam pengembangan teknologi robot. Dengan demikian, mahasiswa dapat terpacu untuk berkreasi mengikuti perkembangan robotika yang secara tidak langsung juga akan meningkatkan pemahaman dan penguasaan iptek dan aplikasi robotika dalam dunia industri masa depan.

Misbahul Munir, salah anggota tim menyampaikan harapan kedepannya dalam kontes ini.

“harapan saya dalam kontes ini, kami dapat meraih kejuaraan di tingkat nasional. Karena kontes ini masih di tingkat regional 1 dan 4. Dan untuk juara 1,2,3 dan 4 akan lolos di tingkat nasional”. Harapnya.

Pewarta : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM