Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd
Rektor

Website UM dengan alamat http://www.um.ac.id dibangun mulai tanggal 25 Agustus 2008 dan diresmikan tanggal 18 Oktober 2008 merupakan pengganti website UM http://www.malang.ac.id yang dibangun sejak tanggal 6 Februari 1998. Website UM di update secara berkala untuk menyesuaikan dengan perkembangan yang ada di UM.

Website UM yang baru telah menampilkan identitas diri UM yaitu “Universitas Pembelajaran (Learning University)” dan slogan “When Learning is Enjoyment“.  Motto “Berkarya dan Terus Berkarya” diwujudkan dalam rubrik “Berkarya dan Terus Berkarya”. Rubrik tersebut diharapkan diisi dengan pemikiran-pemikiran baru karya-karya baru prestasi-prestasi baru yang dicapai dan “the true story” dalam usaha pencapaiannya.

Tahun 2010 UM berhak menggunakan logo Quacquarely Symond (Qs) dengan 1 bintang dan bulan Januari 2012 Situs UM dalam versi Webometrics menempati peringkat 4.044 dunia 131 Asia Tenggara 44 Indonesia. Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan berharap prestasi tersebut bisa kita tingkatkan. Saya mengajak semua mahasiswa alumni dosen tenaga kependidikan dan pensiunan UM untuk membuat link ke http://www.um.ac.id di blog masing-masing dan memasukkan file-file yang dimiliki ke situs http://www.um.ac.id

Sejak 1 April 2019 situs UM juga mulai masuk peringkat Top 20.000 dunia versi Alexa.  Ini menunjukkan bahwa situs UM semakin banyak dikunjungi dan semakin banyak halaman yang dibaca. Untuk meningkatkan prestasi ini saya mengajak semua pihak untuk berusaha setiap pagi membuka situs UM membuat pengumuman jurusan/fakultas melalui situs UM dan mendukung sistem online. Sistem onlineyang sudah dikembangkan adalah KRS dan KHS online melalui http://siakad.um.ac.id; pendaftaran mahasiswa baru secara Online melalui http://seleksi.um.ac.id; pendaftaran PPL secara Online melalui http://sippl.um.ac.id. Berikutnya akan menyusul Beasiswa Online dll.

Sejak Mei 2009 UM menyediakan layanan internet dengan bandwith 8 Mbps; Juli 2009 menjadi 10 Mbps; Januari 2011 menjadi 32 Mbps; Januari 2012 menjadi 32 Mbps campuran (internasional/domestik) dengan tambahan 18 Mbps internasional & 60 Mbps domestik; sedangkan tahun 2013 menjadi 120 Mbps Internasional + 60 Mbps Domestik dan 20 Mbps dengan fasilitas routing BGP.

Saat ini semakin banyak mahasiswa yang memiliki laptop dengan menggunakan fasilitas internet melalui hotspot yang disediakan di kampus UM. Mudah-mudahan ditahun-tahun mendatang rencana penambahan bandwith selalu terpenuhi sehingga dapat memenuhi kebutuhan seluruh dosen mahasiswa dan tenaga kependidikan UM.

Selamat memanfaatkan situs ini.

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin M.Pd
Rektor UM