Rektor UM
2018 – 2022

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., dilantik menjadi Rektor Universitas Negeri Malang (UM) masa bakti 2018-2022 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 2.1.357/UN32/KP/201, untuk jabatan Rektor kedua kali. Beliau lahir di Jombang pada bulan Maret 1962. Setelah menyelesaikan studi S1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra IKIP Malang pada tahun 1984, beliau beritikad untuk mengabdi pada almamaternya, IKIP Malang, sebagai dosen di jurusan tersebut. Program S2 dan S3 diselesaikan di institusi dan jurusan yang sama, berturut-turut tahun 1990 dan 1994. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. menikah dengan Dra. Faridah Hidayati, yang berprofesi sebagai pendidik, dan dikaruniai 2 orang putra dan 1 orang putri.

Beberapa jabatan strategis yang pernah dijalaninya di UM antara lain Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia (1996-1999), Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (1999-2001), Wakil Direktur Pascasarjana UM (2001-2005), Wakil Rektor II UM selama tiga periode (2002-2009, 2009-2013, dan 2012-2013), Rektor UM periode pertama (2014-2018) dan Rektor UM periode kedua (2018-2022).  

Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., mendapatkan beberapa penghargaan antara lain Satyalancana Karya Satya 20 tahun dan Satyalancana Karya Satya 30 tahun dari Pemerintah Republik Indonesia.    

Sebagai dosen, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., di sela-sela kesibukannya sebagai Rektor UM tetap tekun dan aktif melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan Bahasa Indonesia yang menjadi keahliannya. Lebih dari 40 karya ilmiah sebagai penulis utama telah dipublikasikan oleh Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., baik di jurnal nasional dan jurnal internasional serta di prosiding seminar nasional dan seminar internasional. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.,  telah menulis beberapa buku, baik buku ajar maupun buku referensi.

Semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan UM sebagai Universitas Terbaik, terus mendorong Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., untuk melakukan terobosan secara inovatif, antara lain perkuliahan berbasis teknologi mutakhir yang dikenal dengan Sistem Pengelolaan Pembelajaran (SIPEJAR), Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UM, Sistem Pengelolaan Kepegawaian (SIMPEGA) UM, dan lain-lain. Perjalanan dinas dalam dan luar negeri kerap dilakukan untuk menghadiri permintaan sebagai narasumber kegiatan workshop, seminar, kuliah tamu. Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., juga tidak lupa melakukan studi banding dan bench-marking, serta menjalin kerjasama, baik bilateral maupun multi-lateral, dalam dan luar negeri untuk terus belajar dan mencari inspirasi tiada henti dalam melakukan pengembangan-pengembangan Universitas Negeri Malang selanjutnya.

Wakil Rektor I UM
2018-2022

Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., dilantik sebagai Wakil Rektor I Universitas Negeri Malang (UM) masa bakti 2018-2022 oleh Rektor Universitas Negeri Malang pada tanggal 21 November 2018.

Guru besar kelahiran Malang, 24 Oktober 1964 ini, menyelesaikan pendidikan S1 nya di jurusan Administrasi Negara Universitas Brawijaya tahun 1988. Alumni Pascasarjana Strata 2 Jurusan Social Studies Education Deakin University tahun 1997 ini, juga menempuh Pascasarjana Strata 2 untuk kedua kalinya di Jurusan Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya tahun 2001. Demikian pula untuk Strata 3 nya ditempuh pada jurusan dan universitas yang sama tahun 2005.

Selain pengalaman mengajar berbagai matakuliah di jursannya, beliau juga memiliki pengalaman jabatan yang cukup banyak, antara lain: Ketua Bidang AD, ART Tim Universitas Negeri Malang (2007), Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (2008 – 2012), Dekan Fakultas Ekonomi UM (2012 – 2017), Wakil Rektor 1 UM (2017 – 2018 dan 2018 – 2022).

Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., mendapatkan beberapa penghargaan, salah satunya peraih penghargaan Dosen Berprestasi, baik di tingkat Fakultas maupun Universitas di UM.    

Sebagai dosen, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., di sela-sela kesibukannya sebagai Wakil Rektor 1 UM yang menangani akademik, tetap tekun dan aktif melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan Bahasa Indonesia yang menjadi keahliannya. Lebih dari 140 karya ilmiah telah dipublikasikan oleh Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional bereputasi serta di prosiding seminar nasional dan seminar internasional. Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si.,  telah menulis beberapa buku, baik buku ajar maupun buku referensi.

Semangat juang yang tinggi dalam mengembangkan UM sebagai Universitas Terbaik, terus mendorong Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si.,  untuk melakukan terobosan. Kunjungan ke lebih dari 10 negara baik dalam maupun luar negeri kerap dilakukan untuk menghadiri kegiatan workshop, seminar, kuliah tamu. Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si., baik sebagai peserta maupun narasumber.

Wakil Rektor II UM
2018-2022

Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., dilantik sebagai Wakil Rektor IV Universitas Negeri Malang (UM) masa bakti 2018-2022 oleh Rektor Universitas Negeri Malang pada tanggal 21 November 2018.

Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd lahir di Trenggalek pada tanggal 21 Mei 1969. Setelah menyelesaikan studi S1 pada Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra IKIP Malang pada tahun 1986, beliau mengabdi pada almamaternya, IKIP Malang, sebagai dosen di jurusan tersebut. Program S2 diselesaikan di institusi dan jurusan yang sama pada tahun 1998. Studi S3 beliau tempuh pada tahun 2006 dan lulus tiga tahun kemudian.

Setidaknya, empat jabatan strategis yang pernah diamanatkan kepada Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., antara lain: Koordinator Matakuliah Universiter bidang studi Bahasa Indonesia (2002 – 2005), Koorprodi Ilmu Perpustakaan (2015 – 2016), Ketua Jurusan Sastra Indonesia (2016 – 2018) dan Wakil Rektor II (bidang keuangan, SDM, dan sarana prasarana) Universitas Negeri Malang (2018 – 2023).  

Beberapa penghargaan yang diperoleh Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., diantaranya “Satyalancana Karya Satya 10 tahun” dan “Satyalancana Karya Satya 20 tahun”, keduanya diterima dari Presiden Republik Indonesia.    

Di sela-sela kesibukan beliau sebagai pejabat tinggi Universitas, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., tetap aktif melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan Bahasa Indonesia yang menjadi keahliannya. Kontribusi beliau di bidang pengembangan keilmuan di bidang bahasa Indonesia, dapat dilacak melalui laman SINTA Kemenristekdikti. Lebih dari 80 karya ilmiah sebagai penulis utama telah dipublikasikan oleh Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd., baik di jurnal nasional maupun jurnal internasional bereputasi serta di prosiding seminar nasional dan seminar internasional. Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd.,  telah menulis beberapa buku, baik buku ajar maupun buku referensi.

Sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang diberi mandat membantu Rektor di bidang keuangan, SDM, sarana prasarana, Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd. terus berperan aktif mendampingi Rektor UM dalam mengembangkan Universitas Negeri Malang sebagai Universitas Terbaik. Perjalanan dinas dalam dan luar negeri kerap dilakukan untuk menghadiri permintaan sebagai narasumber di berbagai kegiatan workshop, seminar, kuliah tamu.

Wakil Rektor III UM
2018-2022

Dr. Mu’arifin, M.Pd., dilantik menjadi dilantik sebagai Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang (UM) masa bakti 2018-2022 oleh Rektor Universitas Negeri Malang pada tanggal 21 November 2018.

Dr. Mu’arifin, M.Pd. yang lahir di Kediri pada 1 Agustus 1965 ini menempuh pendidikan Sarjana Strata 1 jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di IKIP Malang pada tahun 1989 dan langsung bergabung dengan IKIP Malang sebagai dosen pada jurusan yang sama. Alumni S2 Pendidikan Olahraga Universitas Negeri Surabaya yang lulus tahun 2001 ini, juga menyelesaikan program Pascasarjana Strata 3 Ilmu Keolahragaan di Universitas yang sama pada tahun 2017 lalu.

Selama aktif sebagai dosen di Universitas Negeri Malang, beliau pernah memegang beberapa jabatan strategis, antara lain: ketua jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan-FIK-UM (2007 – 2011), Wakil Dekan 3 Fakultas Ilmu Keolahragaan-UM (2011 – 2014), dan saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor 3 Universitas Negeri Malang dengan fokus pada bidang kemahasiswaan.

Sesuai dengan bidang keahliannya, Dr. Mu’arifin, M.Pd., mendapatkan kepercayaan dalam berbagai tugas organisasi bidang keolahragaan, tiga di antaranya Ketua Bidang Penerapan IPTEKs KONI Kabupaten Malang (2018 – 2020), Ketua Binpres Pengprov Pelti Jawa Timur (2018 – 2022), dan Ketua Umum Pengprov BAPOMI Jawa Timur (2018 – 2022).

Sebagai dosen, Dr. Mu’arifin, M.Pd., di sela-sela kesibukannya sebagai wakil Rektor UM, beliau  tetap tekun dan aktif melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan yang menjadi keahliannya. Cukup banyak karya ilmiah sebagai penulis utama telah dipublikasikan oleh Dr. Mu’arifin, M.Pd., baik di jurnal nasional dan jurnal internasional serta di prosiding seminar nasional dan seminar internasional. Dr. Mu’arifin, M.Pd.,  telah menulis beberapa buku, baik buku ajar maupun buku referensi. Tingginya komitmen dalam mendampingi Rektor mengembangkan UM sebagai Universitas Terbaik, terus mendorong Dr. Mu’arifin, M.Pd.,  untuk melakukan terobosan secara inovatif, terutama dalam memberikan layanan terbaik kepada mahasiswa millineal melalui berbagai forum dan media. Program Gemakarsata (Gerakan Satu Mahasiswa Satu Karya dalam Satu Tahun), merupakan salah satu inovasi yang tidak lepas dari sentuhan ide-ide beliau.

Wakil Rektor IV UM
2018-2022

Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., dilantik sebagai Wakil Rektor IV Universitas Negeri Malang (UM) masa bakti 2018-2022 oleh Rektor Universitas Negeri Malang pada tanggal 21 November 2018.

Beliau lahir di Sumenep pada bulan Desember 1964. Setelah menyelesaikan studi S1 pada Jurusan Administrasi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Malang pada tahun 1986, beliau beritikad untuk mengabdi pada almamaternya, IKIP Malang, sebagai dosen di jurusan tersebut. Program S2 dan S3 diselesaikan di institusi dan jurusan yang sama, berturut-turut tahun 1990 dan 1995.

Beberapa jabatan strategis yang pernah dijalaninya di UM antara lain Ketua Lembaga Penelitian IKIP Malang dan Wakil Rektor IV Bidang perencanaan, sistem informasi, komunikasi, dan kerjasama. Jabatan strategis lain sebagai penugasan dari Universitas Negeri Malang adalah Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia hingga tahun 2016. 

Telah banyak penghargaan yang diterima oleh Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., baik pada tingkat jurusan, fakultas, maupun universitas, di lingkungan Universitas Negeri Malang.

Sebagai dosen, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., di sela-sela kesibukannya sebagai Rektor UM tetap tekun dan aktif melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan melakukan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang Administrasi Pendidikan, khususnya untuk jenjang persekolahan dasar dengan fokus yang lebih dominan di bidang kepemimpinan pendidikan. Lebih dari 70 karya ilmiah sebagai penulis utama telah dipublikasikan oleh Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., baik di jurnal nasional dan jurnal internasional serta di prosiding seminar nasional dan seminar internasional. Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., telah menulis beberapa buku, baik buku ajar maupun buku referensi.

Dalam dua tahun terakhir ini, setidaknya tiga dari karya Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., telah mendapatkan pengakuan HKI (Hak Kekayaan Intelektual) antara lain: Model Supervisi Artistik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar, Panduan Penggunaan Model Supervisi Artistik dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar untuk Kepala Sekolah, dan Materi Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar untuk Kepala Sekolah. Dengan pengalaman yang luar biasa di bidang pengembangan pendidikan di Indonesia, sebagai aparatur sipil negara (ASN) yang diberi mandat membantu Rektor di bidang perencanaan, sistem informasi, komunikasi, dan kerjasama, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd terus berperan aktif mendampingi Rektor UM dalam mengembangkan Universitas Negeri Malang sebagai Universitas Terbaik. Perjalanan dinas dalam dan luar negeri kerap dilakukan untuk menghadiri permintaan sebagai narasumber di berbagai kegiatan workshop, seminar, kuliah tamu, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd., juga tidak lupa melakukan studi banding dan bench-marking, serta menjalin kerjasama, baik nasional maupun internasional.

Dekan FIP
2018-2022

Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd adalah Guru Besar di bidang Ilmu Pendidikan pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Evaluasi Pendidikan dan Pembelajaran dengan menempuh pendidikan S1 Jurusan Administrasi Pendidikan (lulus tahun 1989), S2 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan/PEP (lulus 1997), dan S3 Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan/PEP Konsentrasi Pengukuran dan Pengujian (lulus 2007).

Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pengembangan pembelajaran, di antaranya adalah Pelatihan Nasional “Teacher Education Summit, Merekonstruksi Pendidikan Guru di Indonesia” (2011) dan Pengembangan Akreditasi LPTK dan Studi Dampak Akreditasi terhadap Lulusan (2012).

Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd telah mendapatkan penghargaan sebagai Kaprodi Berprestasi I tingkat Fakultas pada tahun 2011. Pada tahun yang sama beliau juga meraih Kaprodi Berprestasi II UM.

Dekan FE
2018-2022

Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D adalah Guru Besar di bidang Ilmu Teaching English as a Foreign Language pada Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni studi pembelajaran dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris (lulus tahun 1989), S2 Primary Education (Language) (lulus 1996), dan S3 Education Studies (TESOL) (lulus 2004).

Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D pernah menempuh pendidikan tambahan, yakni: Principles and Practice of TESOL (1994); Penataran Pengelolaan Jurnal Ilmiah, 1997; Penataran Penerjemahan Buku Ajar, 1999; English for Academic Purposes (EAP), 2000; Introductory Academic Program (IAP), 2001; Pelatihan Program Pengembangan Unistaff, 2006; Pelatihan Manajemen Jurnal, 2008; Higher Education Management, 2009.

Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D memperoleh penghargaan sebagai Dosen Teladan II, tingkat Fakultas pada tahun 1998, Dosen Teladan I tingkat Fakultas pada tahun 2000, Dosen Teladan II tingkat Universitas pada tahun 2000, dan Ketua Jurusan Berprestasi II pada tahun 2010. Beliau juga telah mendapatkan tanda jasa Satya Lencana Karya Satya 10 Tahun dari Presiden Republik Indonesia pada 2008.

Dekan FMIPA
2018-2022

Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si.adalah Guru Besar di Bidang Ilmu Pendidikan Biologi pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Kurikulum Pendidikan Biologi dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Biologi (lulus tahun 1990), S2 Biologi (lulus 1993), dan S3 Pendidikan Biologi (lulus 2007).

Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. aktif terlibat dalam pengelolaan organisasi profesi, yakni pada: Asosiasi Prodi Pendidikan Biologi, sebagai Ketua; Konsorsium Pendidikan Biologi Indonesia, sebagai Koordinator Bidang Kurikulum Pendidikan Biologi; dan selanjutnya sebagai Dewan Pengarah pada organisasi yang sama.

Atas pengabdiannya, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si. dianugerahi Tanda Jasa Satyalancana Karya Satya 10 Tahun pada tahun 2010. Beliau juga merupakan Dosen Berprestasi I tingkat Fakultas pada tahun 2012, Dosen Berprestasi II UM pada tahun 2012, dan juga Koordinator Program Studi Berprestasi I UM pada 2016.

Dekan FE
2018-2022

Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA adalah Dosen Jurusan Akuntansi (AKU) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni pendidikan Ekonomi dengan menempuh pendidikan S1 Jurusan Pendidikan (lulus tahun 1984), S1 Jurusan Ekonomi (lulus tahun 2002), S2 Manajemen Pendidikan (lulus tahun 1996), S2 Ilmu Manajemen (lulus tahun 2000), dan S3 Pendidikan Ekonomi (lulus tahun 2012). Di samping itu beliau menempuh pendidikan Non Gelar Sandwich Program (lulus tahun 2010).

Dr. Cipto Wardoyo, S.E., M.Pd, M.Si. Ak., CA pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pengembangan pembelajaran, di antaranya adalah Pelatihan Applied Approach (pelatihan perancangan pembelajaran) (1988) dan Training of Trainer “KBK” (2002). Sebagai dosen Universitas Negeri Malang. Beliau pun banyak membina perkuliahan Pengantar Pendidikan di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang.

Atas Pengabdian beliau, pada tahun 2009 mendapatkan penganugerahan Satyalencana Karya Satya 20 Tahun dan pada tahun 2018 mendapatkan penganugerahan Satyalencana Karya Satya 30 Tahun.

Dekan FT
2018-2022

Prof. Dr. Marji, M.Kes adalah Guru Besar di bidang Ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Teknik Mesin (lulus tahun 1982), S2 Ilmu Hiperkes (lulus 2000), dan S3 Ilmu Kesehatan Masyarakat (lulus 2004). Beliau juga menempuh pendidikan di dalam negeri, Prof. Dr. Marji, M.Kes  juga menempuh pendidikan luar negeri, dalam bidang pengembangan pembelajaran, Beruf paedagogik fuer dozenten di Ulm, dan di Mannheim, Jerman pada bidang yang sama.

Prof. Dr. Marji, M.Kes  juga menempuh pendidikan dan pelatihan dalam bidang mesin dan otomotif, diantaranya di laksanakan di luar negeri (jerman barat) yakni Listrik Otomotif pada perusahaan Fa. Mack Fa. Kaessborer, Marcedes Benz Gmbh, dan Gewerbe Schule; Elektropneumatik pada perusahaan Festo; Otomotif pada perusahaan Gewerbe Schule; serta Pneumatis dan Hidrolik pada perusahaan Handwerk Kammer. Sedangkan pendidikan dan pelatihan di dalam negeri yakni bidang otomotif yang diselenggarakan oleh Astra Motor Sales selama dua periode dan bidang alat berat oleh Trakindo.

Dekan FIK
2018-2022

Dr. Sapto Adi, M.Kes. adalah Dosen Jurusan Ilmu Keolahragaan (IK) Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Ilmu Keolahragaan dengan menempuh pendidikan S1 Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (lulus tahun 1989), S2 Program Studi Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Masyarakat (lulus 1998), dan S3 Ilmu Keolahragaan (2014).

Dr. Sapto Adi, M.Kes. pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pengembangan pembelajaran, di antaranya adalah Pelatihan Applied Approach (pelatihan perancangan pembelajaran) (1994) dan Pelatihan Pengabdian Pada Masyarakat (2013). Sebagai dosen Universitas Negeri Malang. Beliau pun banyak membina perkuliahan Pengantar Pendidikan di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang, selain juga membina perkuliahan-perkuliahan Teori dan praktik senam, Persiapan Profesi pendidik olahraga dan kesehatan, Ilmu Gizi Olahraga, Permainan bola kecil, Praktek kepelatihan senam, Sosiologi olahraga, dan Sosiologi kesehatan di Jurusan IK.

Dekan FIS
2018-2022

Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd adalah Guru Besar di bidang Ilmu Geografi Lingkungan pada Fakultas Ilmu Pendidikan (FIS) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Ruang Terbuka Hijau (RTH) dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Geografi (lulus tahun 1986), S2 Manajemen Pendidikan (lulus 1992), dan S3 Pengelolaan SDA dan Lingkungan (lulus 2006).

Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pengajaran pembelajaran, di antaranya adalah Pengajaran dan Pembelajaran Kontekstual Bagi Guru Pamong dan Dosen Pembimbing PPL (2003) dan Pendekatan Terapan Dalam Pengelolaan Proses Belajar Mengajar/Applied Approach (2003). Beliau juga pernah mengikuti Program of Academic Recharging (PAR) Th. 2009, untuk Penulisan Buku Model-model Pembelajaran Geografi, di University of Iowa, Iowa City, USA yang diselenggarakan oleh pihak Dikti.

 

Dekan FPPsi
2018-2022

Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si  adalah Guru Besar di bidang Ilmu Psikologi pada Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Ilmu Psikologi dengan menempuh pendidikan S1 Jurusan Filsafat (lulus tahun 1988), S2 Jurusan Psikologi Sosial (lulus 1993), dan S3 Psikologi (lulus 2004).

Sebagai dosen Universitas Negeri Malang. Beliau pun banyak membina perkuliahan Pengantar Pendidikan di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang, selain juga membina perkuliahan-perkuliahan Psikologi sosial, psikologi lintas budaya, psikologi lingkungan, psikologi kelompok, filsafat ilm psikologi, Ilmu sosial dan Budaya dasar, dan Pendidikan Pancasila, serta psikologi interpersonal di Jurusan PSI.

Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si sangat aktif dibidang manajerial. Tercatat sejak beliau menjadi Dosen UM, beliau dipercaya sebagai ketua Lab Jurusan MKU FPIPS IKIP Malang 1998; Sekretaris Senat FIP UM 2004-2008; Ketua Penyunting beberapa jurnal Ilmiah di Lingkungan UM (FIP, FPsi, LP3; Koordinator Publikasi UPMU LP3 UM tahun 2005-2014; PIC I-MHERE 2008-2009; Ketua Senat FPPsi UM 2013-2014; Ketua pelaksana berbagai panitia ad hoc di lingkungan UM; dan saat ini menjabat sebagai Dekan FPPsi UM.

Direktur Pascasarjana
2018-2022

Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, MA, M.Si adalah Guru Besar di bidang Ilmu Pendidikan Ekonomi pada Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Green Enterpreneur dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Ekonomi Umum (lulus tahun 1984), S2 Educational Theory and Practice, kekhususan Policy Analysis (lulus 1996), S2 Ilmu Administrasi Niaga, kekhususan Pengembangan Sumber Daya Manusia (2001) dan S3 Pendidikan Ekonomi (lulus 2005).

Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, MA, M.Si pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang pembelajaran ekonomi, di antaranya adalah TOT-NCEE (National Council on Economic Education), di Kiev, Ukraina pada tahun 2005; di Bloemfontein, Afrika Selatan pada tahun 2006; dan Asunction, Paraguay pada tahun 2006.

Sebagai dosen Universitas Negeri Malang. Beliau pun banyak membina perkuliahan Pengantar Pendidikan di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang, selain juga membina perkuliahan-perkuliahan diantaranya Statistika Ekonomi, Manajemen Sumberdaya Manusia yang disajikan pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Dunia Usaha/Pendidikan Ekonomi/Manajemen.

Ketua LP2M
2018-2022

Prof Dr. Markus Diantoro, M.Si adalah Guru Besar di bidang Ilmu Fisika Material pada Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Fisika Zat Mampat, Kemagnetan dan Superkonduktivitas, Minerals, Advanced Materials for Energy dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Fisika (lulus tahun 1990), S2 Fisika (lulus tahun 1997), dan S3 Fisika (lulus tahun 2004).

Prof Dr. Markus Diantoro, M.Si pernah menempuh pendidikan dan pelatihan, dalam bidang Penumbuhan Kristal, Analisis Serbuk Difraksi X-RD, di antaranya adalah Pelatihan Sandwich program at van der Waals – Zeeman Institute, University of Amsterdam (1999 – 2001), and Visiting Research Institute of Electrical Engineering, Slovak Academy of Science, Bratislava (2000), Pots Doc at Zernike Institute for Advanced Materials, University of Groningen, (2009 – 2010) via PAR-C DIKTI, Short Course in Crystallography and X-Ray Diffraction at Almelo, Netherlands (2010).

Sebagai dosen Universitas Negeri Malang. Beliau pun banyak membina perkuliahan Pengantar Pendidikan di beberapa fakultas di Universitas Negeri Malang, selain juga membina perkuliahan-perkuliahan Fisika Material, Kristalografi, Superkonduktivitas, Kapitas Selekta Fisika, mekanika Analitik serta Bahasa Inggris Profesi Fisika di Jurusan FIS.

Prof. Dr. Markus Diantoro, M. Si adalah Dosen Berprestasi, beliau mendapatkan Peringkat II Tingkat Universitas pada 2012. Pada tahun berikutnya (2013), beliau mendapatkan gelar Korprodi Berprestasi Tingkat Universitas Peringkat I.

Ketua LP3
2018-2022

Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D adalah Dosen Jurusan Kimia (KIM) Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) Universitas Negeri Malang. Beliau menekuni Kimia Anorganik dengan menempuh pendidikan S1 Pendidikan Kimia (lulus tahun 1988), S2 Kimia Anorganik (lulus 1993), S2 Science Education (lulus tahun 1997), dan S3 Chimie Inorganique (2002). Di samping itu beliau menempuh pendidikan S2 Manajemen (2009) dan Cambridge ESOL TKT (2008). S1 dan S3 nya ditempuh di Universitas Negeri Malang.

Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D peneliti muda terbaik bagi mahasiswa Indonesia di Prancis. Penghargaan tersebut diraih pada tahun 2001 oleh lembaga AFIDES Perancis. Pada tiga tahun berikutnya, yakni 2001 beliau memperoleh penghargaan sebagai Dosen Berprestasi I tingkat Universitas.

Sejak tahun 2019 sampai sekarang Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D telah memiliki 2 karya yang telah diakui HKI, yakni Edukids V1.0 dengan nomor lisensi EC00201989868, 16 Desember 2019/ 000171116 dan Media Pembelajaran Gaya Antar Molekul Berbasis Representasi Triplet (Makroskopik-Submikroskopik-Simbolik) dengan nomor lisensi EC00202014452, 5 Mei 2020/ 000186774. Keduanya berupa program komputer.