image_pdf

Malang. Sebagai salah satu implementasi dari jargon “Excellence in Learning Innovation” adalah dengan memperbarui konsep perayaan Dies Natalis Universitas Negeri Malang (UM) ke 67. Rangkaian kegiatan Dies tahun ini dibagi menjadi tiga kategori, yakni : Launching Dies, Road to Dies, dan Perayaan to Dies (celebration dan ceremonial). Hari ini, Rabu (16/06) Lauching Dies Natalis UM ke 67 sukses dibuka oleh Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd. Rektor UM. Dilaksanakan secara luring di Aula Lantai 9 Graha Rektorat dengan menggunakan protokol kesehatan covid-19 yang ketat dan disiarkan langsung melaui kanal Youtube resmi UM yang bisa diakses melalui link : https://bit.um.ac.id/DiesNatalis67

Acara ini hanya dihadiri oleh Para Pimpinan UM dan panitia yang bertugas dengan durasi waktu tidak lebih dari 2 jam. Tema Dies Natalis UM ke 67 tahun ini adalah “Inovasi Bernas, Wujudkan Merdeka Belajar”. Dengan tujuan agar UM tetap menjadi rujukan dan mencetak generasi unggul berkualitas. “Tema ini adalah tema yang tepat dan maknanya sangat mendalam. Menunjukkan bahwa UM telah memiliki sejarah gemilang yang panjang sejak awal bedirinya dan bertransformasi dalam lembaga pendidikan baru bernama UM,” ujar Prof. Dr. H. Sukowiyono. S.H., M.Hum., selaku Ketua Senat UM.

“saya berharap, meski ditengah pandemi, UM terus berinovasi dan memberikan solusi atas masalah-masalah yang timbul. Berpartisipasi aktif pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang diluncurkan oleh Kemdikbudristek. Sehingga lulusan UM menjadi generasi unggul untuk masa depan yang adaptif dan resposif terhadap perubahan dan UM semakin berkibar,” tambahnya.

Acara ini merupakan seremonial pembukaan dari beberapa agenda yang akan digelar dalam rangka Dies Natalies UM ke 67 tahun pada tanggal 18 Oktober mendatang. Dalam sambutannya, Prof. Rofi`uddin menyampaikan harapannya untuk UM di 67 tahun ini. “Saya berharap bahwa seluruh kegiatan Dies ke 67 ini bukan sekedar dimaknai sebagai wujud euforia ulang tahun yang hanya terkesan pesta, tetapi benar-benar sangat lekat dengan kesyukuran atas banyak prestasi yang telah diraih dan motivasi untuk terus berprestasi melalui berbagai inovasi, agar eksistensi UM untuk terus memberikan manfaat yang makin luas. Dalam konteks era digital ini, diharapkan seluruh kegiatan dies ke 67 ini dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, melalui berbagai saluran, media, dan produk-produk kreasi digital UM lainnya,” ungkapnya.

“Keberhasilan Dies ke 67 ini, tidak hanya ditandai dengan terselenggaranya semua kagiatan yang telah diagendakan. Tetapi juga tampak dalam sejauhmana nilai-nilai yang diintegrasikan ke dalam agenda itu dapat terdistribusi ke dalam semangat perubahan seluruh warga UM. Oleh sebab itu, desain program dan kegiatan dalam agenda Dies ini benar-benar memperhatikan dua hal tadi. Oleh sebab itu, marilah kita semua peduli terhadap Dies ini, dan mengambil peran secara proporsional untuk bersama merayakan keberhasilan sejak launching ini hingga akhir acara, bahkan hingga nilai-nilai Dies benar-benar tertanam ke dalam jiwa kita dalam membangun UM ke depan yang lebih baik,” pungkasnya.

Humas UM