image_pdf

PRESS RELEASE

Konferensi Regional Akuntansi (KRA) VII Tahun 2020

“Inovasi dalam Pembelajaran dan Praktik Akuntansi untuk Peningkatan Kompetensi Akuntan Menyongsong Indonesia Emas 2045, Mbois Ker!”

Konferensi Regional Akuntansi (KRA) merupakan acara Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) yang bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia memiliki tujuan menjadi wadah bagi para akademisi dan praktisi untuk melakukan dan mendiskusikan kajian-kajian empiris maupun praktis di ranah disiplin ilmu akuntansi. Kajian tersebut dilakukan dalam rangka untuk menjaga ketersambungan antara dunia akademisi dan profesi dengan praktik dan isu-isu terkini di bidang akuntansi yang muncul dan berkembang. KRA ini diselenggarakan secara berkelanjutan setiap tahun secara gotong royong oleh Perguruan Tinggi di Jawa Timur.

Pada tahun 2020 ini, KRA memasuki periode ke-7 yang diselenggarakan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (FEB UM) dengan mengusung tema: “Inovasi dalam Pembelajaran dan Praktik Akuntansi untuk Peningkatan Kompetensi Akuntan Menyongsong Indonesia Emas 2045, Mbois Ker!” pada:

Hari, Tanggal : Selasa dan Rabu, 20-21 Oktober 2020

Waktu    : 07.30 – 15.00 WIB

Tempat  : Aula Lantai 9 Graha Rektorat UM dan Online Via Aplikasi ZOOM

Dengan penuh kebahagiaan, kami informasikan kepada bahwa konferensi ini telah menarik banyak perhatian baik peneliti, dosen, guru dan praktisi di bidang akuntansi.  Kurang lebih 400 karya ilmiah  sampai di meja panitia dan terseleksi melalui proses blind review menjadi 220-an makalah hasil penelitian  yang akan dipresentasikan dalam 30 sesi parallel webinar.

Pendidikan akuntansi saat ini bukan hanya tentang akumulasi pengetahuan. Namun juga bagaimana menjaga kekuatan semangat, melindungi komitmen dan  keinginan untuk tidak pernah berhenti belajar. Dosen dan guru tidak boleh terikat oleh norma dan tradisi masa lalu, sebaliknya mereka harus terbuka terhadap ide-ide baru. Life Based Learning, pembelajaran sepanjang hayat dengan terus-menerus mengembangkan upaya pembaruan di bidang pembelajaran pada arah yang konsisten, akseleratif dan bersifat sinergis. Pembelajaran akuntansi harus interaktif, inovatif, kooperatif dan kolaboratif dimana hal ini akan menjadi sub tema yang akan dipresentasikan dan diskusikan dalam 3 panel seminar.

Adapun Keynote Speaker dalam konferensi ini antara lain:  

  1. Ibu Sri Mulyani Indrawati, SE., M.Sc., Ph.D. (Menteri Keuangan Republik Indonesia),
  2. Bapak Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia),
  3. Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si. (Gubernur Provinsi Jawa Timur).

Para Speaker antara lain:

  1. Amri Ilmma ( Head of Public Policy Ruang Guru),
  2. Isnaeni Achdiat, SE., M.Ak., CA., CISA., CISM., CGEIT. (Dewan Pengurus Nasional (cDPN) IAI, President of ISACA – Information. Systems Audit and Control Association. Indonesia)
  3. Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A., M.M. (Guru Besar FE UM)

Narahubung:

Setya Ayu Rahmawati,S.E., M.SA                :  0811-2577-700

Dr. Satia Nur Maharani SE., MSA., Ak., CA   :  0813-3387-2892

                                                                         Malang, 17 Oktober 2020       

                                                                         Ketua Pelaksana,

                                                        Dr. Satia Nur Maharani, SE., MSA., Ak., CA