image_pdf

PRESS RELEASE
VIRTUAL GRAND SHOW TATA BUSANA UM “ALVERDEN” 2020

Mahasiswa Fashion Design Universitas Negeri Malang dengan bangga mempersembahkan Virtual Grand Show Tata Busana UM “ALVERDEN” 2020.
Grand show sebagai Final project, rutin dilaksanakan oleh Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana dan D3 Tata Busana.
Acara Grand show kali ini mengikutsertakan 63 Young Designer, 20 Profesional Model, dan Menghasilkan 126 Busana Ready To Wear dan Deluxe.
Pada Tahun-tahun sebelumnya acara Grandshow Tata Busana UM selalu dilaksanakan secara megah di Gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Namun untuk kondisi saat ini, kita semua dihadapkan dengan pandemik yang mengharuskan kita untuk merubah kebiasaan tersebut sehingga panitia mencoba untuk memanfaatkan teknologi yang ada, agar tetap dapat melaksanakan Acara tahunan ini walaupun secara Virtual.

“Alverden” adalah tema yang diusung pada Virtual Grandshow tahun ini. Kata Alverden di ambil dari bahasa Denmark yang berarti bumi. Tema ini dipilih dengan makna semangat untuk menjaga bumi. Rancangan karya para desainer muda ini didasari semangat untuk mengurangi penggunaan bahan kimia dalam produk fashion dan sebisa mungkin mengutamakan bahan bahan yang ramah lingkungan, sebuah filosofi yang luar biasa dan diutamakan dalam berkarya.

Terdapat 6 SubTema pada Virtual Grandshow tahun ini
1) Akasha : “asal usul proses terbentuknya alam semesta yang terdiri dari 5 elemen terutama yaitu air(water), api (fire), udara (air), tanah (earth) dan ruang (eather/void). Akasha merupakan penerapan konsep spiritual dalam trend Forecasting 2021/2022.
2) Osnova : “osnova diambil dari bahasa Bulgaria yang memiliki arti “dasar”. Konsep Osnova menunjukkan gaya yang simple dan minimalis, atau atas dasar kesadaran untuk tidak berlebihan. Tampilan busana yang tampak, yaitu bersih, tenang, terkendali, dan simpel dengan memasukkan unsur basic dan autentik”.
3) Extortion : “tema ‘extortion’ diambil dari bahasa Inggris yang memiliki makna ‘Pemerasan’, merupakan salah satu penerapan konsep ‘exploitation’. Pada tema ini menampilkan busana yang memiliki kesan maksimal, serba menonjol dan berlebihan, menggunakan warna yang berani dan kuat, serta banyak menggunakan teknik kamuflase dan overlaping”.
4) Voyages : “sebuah tema yang menunjukkan keceriaan dengan tujuan agar tidak mudah berputus asa. Tema ini menerapkan konsep ‘Exsplorasi’ dalam trend forecasting 2021/2022. Tampilan hologram, dreamy hingga metalic muncul dalam tema ini. Voyages juga dapat berarti menjelajah keindahan-keindahan alamiah di bumi”.
5) Agatya : “agatya dalam bahasa Kanada memiliki arti kesederhanaan atau sesuatu yang mendasar. Karya-karya Agatya sendiri mengutamakan kesederhanaan, kemurnian kualitas dengan konsep esensialitas. Kelompok agatya merupakan kelompok orang yang peduli akan lingkungan dan kehidupan sosial paling mendasar dari kehidupan manusia.
6) Regrow : “regrow (tumbuh kembali) ibarat sebuah pohon yang terus bertumbuh, maka hidup kita harus selalu tumbuh dan berubah. Tema ini menerapkan konsep exsploitasi dalam karya karyanya. Penggunaan bahan bahan baru dan berlebihan untuk mendapatkan hasil yang berbeda dari sebelumnya.

Dalam Pembuatan Koleksi, setiap mahasiswa melakukan serangkaian tahapan dan proses, yang dimulai dari Riset tema, konsultasi konsep ( main mapping), pembuatan moodboard, konsultasi desain, konsultasi bahan, konsultasi pola, proses produksi, Final Assesment dan Pengambilan foto serta video. Semua tahapan itu dilalui Mahasiswa secara daring dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Virtual Grand Show Tata Busana UM “ALVERDEN” mempertunjukkan hasil ide kreatif dari 63 young designer Universitas Negeri Malang mengacu pada Trend Forecasting 2021/2022.

Acara Virtual Grand Show Tata Busana UM “ALVERDEN 2020” ini dilaksanakan secara Live Streaming di kanal Youtube kami “Grand Show Tata Busana UM” pada tanggal 21 September 2020 Pukul 13.00 WIB. Dan untuk Pengumuman penghargaan /Awarding, karya karya terbaik dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020 di jam yang sama, dengan mempersembahkan nominasi 14 Kategori diantaranya :
Best Akasha, Best Agatya, Best Extortion, Best Voyages, Best Osnova, Best Regrow, Best Sewing, Best Creative Fabric, Best Design, Best Moodboard desain, Best Ready To Wear, Best Like Instagram dan Best of Alverden 2020 ( Best of the Best).
Link Channel Youtube Grandshow Tata Busana UM (https://www.youtube.com/channel/UCHDbD1n3sUOL327bXtPXjjQ).

Virtual Grand Show Tata Busana UM “ALVERDEN” mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan Universitas Negeri Malang, Para Dosen Pembimbing dan seluruh dosen Teknologi Industri UM, Breaker Creative , LT PRO, Alif Vandel, Home Konveksi, serta media partner yang membantu publikasi kami HMJ KESMAS UM, HMJ FISIKA UM, BEART.ID, SASTA MBOIS, HMJ GEOGRAFI UM, HMJ BK FIP UM, BEM FIP UM, TARA RADIO, HMJ TI UM. Kami juga ucapkan terimaksih pada semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara ini.