image_pdf

Malang.  Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan pertemuan dengan Edge Hill University, Inggris pada Kamis (15/4) secara daring dalam rangka Eksplorasi Kerjasama Student Mobility untuk kegiatan Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) yang digagas oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia. Pada pertemuan ini, Direktur Hubungan Internasional (HI) UM, Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D memimpin diskusi sebagai perwakilan dari Wakil Rektor IV yang sedang memiliki kegiatan lainnya sehingga tidak bisa menghadiri diskusi tersebut.

Menanggapi dokumen yang telah dikirimkan sebelumnya, George Talbot selaku perwakilan dari Edge Hill University mengonfirmasi kerjasama yang diinginkan oleh UM. Ia meminta penjelasan lebih lanjut terkait kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia, apa saja yang harus dipersiapkan Edge Hill University, dan bagaimana prosedur kerjasama resmi dengan Kemdikbud Indonesia.

“Dalam kegiatan IISMA ini, mahasiswa diharapkan dapat mengambil sekitar 20 sks di kampus luar negeri. Oleh karenanya, kami meminta data terkait 10 mata kuliah yang bisa ditawarkan oleh Edge Hill University untuk diikuti oleh mahasiswa Indonesia, diutamakan yang bisa dilaksanakan secara daring. Mata kuliah apa saja tidak masalah, yang terpenting adalah bagaimana mata kuliah tersebut bisa membangun kemampuan berfikir kritis mahsiswa dan meningkatkan literasi mereka,” jelas Direktur HI dalam diskusi tersebut.

George Talbot menyetujui permintaan tersebut dan akan didiskusikan lebih lanjut dengan pihak Edge Hill University dan hasilnya akan dikirimkan sesegera mungkin. Ia menambahkan persyaratan umum untuk mahasiswa international adalah memiliki skor IELTS minimal 6 dan mungkin akan dipertimbangkan untuk skor 5.5. Terkait kerjasama ini, pihak Edge Hill University diminta untuk mengirimkan aplikasi dokumen yang dibutuhkan pada portal Kemdikbud RI. Pihak HI UM pun memberikan tautan untuk aplikasi tersebut.

Humas UM