image_pdf

Dalam rangka mengawali agenda tahunan, Himpunan Mahasiswa Sosiologi Universitas Malang (HIMASUM) berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam (HMPS IPA) guna memperluas pengetahuan seputar manajemen organisasi. Tema yang diusung dari kegiatan ini adalah “Kolaborasi Aksi Menuju Organisasi Kolaboratif, Inovatif dan Kreatif”. Kegiatan diselenggarakan pada Selasa (5/3) di Sekretariat HIMASUM, Gedung A6 Fakultas Ilmu Sosial (FIS). 

Kegiatan diawali dengan ramah tamah antar anggota HIMASUM dan HMPS IPA. Dalam sesi ramah tamah, setiap anggota yang hadir memperkenalkan diri dan saling menyapa. Selanjutnya, penyampaian sambutan oleh masing-masing ketua himpunan yang diawali dengan sambutan dari Ketua HIMASUM. 

Ketua HIMASUM Kabinet Amerta, Viona Joda dalam sambutannya menyampaikan bahwa adanya agenda HIMA Visit ini sebagai bentuk upaya saling mengenal antar sesama anggota HMD yang ada di UM. Viona juga berharap dengan adanya agenda ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh setiap anggota HMD untuk saling bertukar informasi dan pengetahuan.

“Di UM ini ada banyak sekali organisasi HMD dari berbagai departemen yang tentunya memiliki ciri khas dan keunikannya masing-masing. Dengan adanya agenda ini kita bisa saling mengenal teman satu almamater dan saling bertukar informasi. Dari informasi yang kita dapat nanti bisa kita improve, kita jadikan inspirasi untuk diimplementasikan di organisasi kita masing-masing” tuturnya. 

Sejalan dengan Viona, Ketua HMPS IPA Asroriyatul Bahiroh menyampaikan, bahwa HMD adalah organisasi yang berada dalam satu naungan yaitu universitas. “HMD memiliki peran aktif dalam membentuk branding departemen melalui kegiatan eksternal dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Jadi mari kita sama sama saling berkolaborasi sinergi untuk membentuk organisasi yang inovatif dan kreatif sesuai dengan tema pertemuan kita pada sore hari ini,” tutur Asro.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari setiap departemen oleh Badan Pengurus Harian (BPH) dan disambung dengan sharing session. Dalam sharing session ditemukan adanya kesamaan fokus program kerja antara HIMASUM dan HMPS IPA yaitu bidang bakat minat, sosial masyarakat, media informasi dan pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM). Kesamaan fokus program kerja ini  mengarah pada tujuan bersama yaitu branding departemen yang mengarah pada peningkatan kualitas dan tri dharma perguruan tinggi.

Sharing session berjalan dengan penuh antusias dan semangat bertukar informasi antar departemen. Kedua himpunan berhasil membangun komunikasi yang baik sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan menyenangkan hingga akhir. Kegiatan ditutup dengan sesi penyerahan sertifikat antar himpunan dan foto bersama.

Pewarta: Inayah Amalia – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM