image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) kini semakin tingkatkan kualitas pemberitaan dan publikasi informasi kepada masyarakat secara umum. Pada Kamis (30/05) pukul 08:00 digelar Workshop Jurnalistik dan Fotografi oleh Humas UM bertempat di Aula Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan UM lantai 2. Acara workshop dihadiri oleh Wakil Rektor (WR) IV, Kepala Subdirektorat (Kasubdit) Humas dan Kerjasama, pemateri workshop serta 42 peserta yang terdiri dari SDM humas unit, fakultas dan mahasiswa UM.

Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D., WR IV UM mengawali acara dengan memberikan sambutan sekaligus secara resmi membuka acara workshop . Beliau menyampaikan pentingnya skill menulis pemberitaan di lingkungan perguruan tinggi. “Skill jurnalistik ini sangat perlu dimiliki oleh para akademisi UM utamanya SDM Humas di masing-masing unit atau fakultas, dengan begitu skill menulis ini perlahan-lahan perlu dibangun dengan baik agar mampu terbiasa menghasilkan tulisan pemberitaan yang mudah dipahami oleh pembaca, disini para peserta akan mengikuti materi terkait ‌teknik-teknik dalam pemberitaan yang baik, akurat dan objektif,” ungkap Prof. Arif.

“Tidak hanya itu, data dukung pada tulisan berita berupa gambar atau foto juga perlu ditambahkan untuk menyempurnakan informasi yang akan disampaikan pada berita, sehingga hari ini para peserta akan menerima juga materi tentang ilmu fotografi,” lanjutnya.

Prof. Arif juga menyampaikan pesan diakhir sambutannya kepada peserta workshop pada hari ini. “Setidaknya penyampaian materi tentang jurnalistik yang akan diberikan hari ini tidak berhenti sampai disini saja, akan tetapi kedepannya mampu memotivasi peserta untuk selalu menghasilkan tulisan-tulisan berita yang informatif dan akurat,” ujar Prof. Arif.

Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D., WR IV UM memberikan sambutan sekaligus motivasi kepada peserta workshop jurnalistik dan fotografi

“Harapannya setelah workshop ini mampu meningkatkan kualitas SDM Humas, baik pusat maupun unit lain atau fakultas dalam skill menulis pemberitaan, utamanya humas di unit lain atau fakultas untuk langsung membuat pemberitaan pada kegiatan apapun yang digelar di unit atau fakultasnya, maka dengan begitu sumber beritanya lebih dekat sehingga berita yang dihasilkan lebih akurat dan efisien,” tutup Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Tenaga Listrik itu.

Kegiatan pun kemudian dibuka secara resmi oleh WR IV dengan ucapan Basmallah dan disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh peserta. Selanjutnya, memasuki inti acara yaitu pemaparan materi Workshop Jurnalistik dan Fotografi yang meliputi materi jurnalistik, penulisan rilis dalam media digital dan fotografi. Di setiap pemaparan materi disertai dengan sesi tanya jawab dengan para peserta workshop.

Materi workshop yang pertama yaitu tentang jurnalistik yang disampaikan oleh Fajar Andre Setiawan, S.S. Seorang jurnalis senior Radar Malang ini memaparkan materi terkait dengan teknik-teknik penulisan berita dan rilis agar mampu menghasilkan tulisan yang dapat dimuat di media massa. Mulai dari materi penulisan judul berita hingga penutup berita seluruhnya dijelaskan secara detail dan interaktif oleh pemateri.

Fajar Andre Setiawan memaparkan tips dan trik penulisan rilis yang dapat dimuat di media massa

Selanjutnya penyampaian materi kedua oleh Megasari N. Fatanti, M.I.Kom Dosen Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UM terkait dengan penulisan berita dan rilis dalam media digital. Pada materi ini dijelaskan terkait dengan teknologi komunikasi, tools untuk menulis berita dan rilis di era digital hingga analisis tulisan pemberitaan di website.  Pemateri juga menyinggung terkait dengan posisi Artificial Intelligence (AI) atau teknologi kecerdasan buatan di dunia jurnalistik diakhir sesi.

Materi yang terakhir yaitu tentang fotografi digital yang disampaikan oleh Royhan Farras. Seorang fotografer sekaligus owner dari Imam Fotografi ini memaparkan materi terkait dengan dasar-dasar ilmu fotografi yang hrus dikuasai oleh jurnalis. Materi yang dipaparkan yaitu mulai dari ilmu pencahayaan, jenis lensa kamera hingga teknik dalam memotret objek.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM