image_pdf
Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA. saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Entrepreneur Day

Malang– Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang (UM) atau Ormawa menggelar Entrepreneur Day untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa. Acara yang berlangsung selama dua hari (18-19/09) ini diadakan di Central Park Graha Cakrawala UM dengan tema “Membentuk Jiwa Kewirausahaan yang Berkarakter Melalui Sinergi Organisasi”. Kegiatan ini diikuti oleh 118 tim yang terdiri dari mahasiswa wirausaha dan Ormawa UM.

“Sebanyak 97 tim mahasiswa wirausaha dan 21 tim Ormawa ikut serta dalam acara ini. Tim terbanyak berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan 24 tim, disusul Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 15 tim, dan Fakultas Sastra (FS) 14 tim,” ujar Ketua Tim Program Mahasiswa Wirausaha UM, Andreas Syah Pahlevi, S.Sn., M.Sn., dalam sambutannya.

Andreas juga menjelaskan empat kategori yang diikuti oleh para peserta: “Kategori Ormawa diikuti oleh 21 tim, kategori jasa dan budidaya diikuti 9 tim, kategori produk diikuti 41 tim, dan sisanya adalah tim penjualan makanan serta minuman.”

Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak, M.M., CA, CMA., menegaskan pentingnya pengembangan jiwa kewirausahaan di kampus. “Perguruan tinggi tidak hanya mencetak lulusan unggul secara akademis, tetapi juga menanamkan jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan. Dengan bergabung dalam organisasi, mahasiswa dilatih membentuk leadership yang tidak bisa didapatkan di ruang kelas,” ungkapnya.

Acara ini menjadi bagian dari upaya UM dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi, dengan mendorong mahasiswa menjadi wirausahawan muda yang inovatif. Kegiatan ini resmi dibuka dengan bunyi terompet oleh jajaran pimpinan UM.

Pewarta: Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM