image_pdf
Proses pemotongan pita oleh Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D. (tiga dari kiri) dalam peresmian pojok statistik di Perpustakaan FEB UM

Malang – Kamis, 17 Oktober 2024 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) resmi meluncurkan Pojok Statistik di Perpustakaan FEB UM dengan tujuan memfasilitasi kolaborasi riset antara UM dan Badan Pusat Statistik (BPS). Inisiatif ini juga bertujuan untuk meningkatkan literasi data dan mendekatkan dunia akademik dengan praktik nyata di lapangan.

Acara yang berlangsung di Perpustakaan FEB UM ini dihadiri oleh Wakil Rektor IV Prof. Ir. Arif Nur Afandi, S.T., M.T., MIAEng, MIEEE, Ph.D., Dekan FEB Dr. Hadi Sumarsono, S.T., M.Si dan jajaran pimpinan UM lainnya, serta Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang Umar Sjaifudin.

Dalam sambutannya, Dr. Hadi Sumarsono menyatakan harapannya agar Pojok Statistik ini dapat mendorong pengembangan Fakultas Ekonomi dan Bisnis. “Kami berharap Pojok Statistik ini dapat menjadi ruang kolaborasi antara FEB dan BPS, serta membuka peluang bagi mahasiswa FEB untuk terlibat dalam program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),” ujarnya.

Kepala BPS Kota Malang, Umar Sjaifudin, juga menekankan pentingnya kerjasama ini. “Pojok Statistik di FEB UM merupakan hasil kolaborasi kami yang kedua setelah FEB Universitas Brawijaya. Kami berharap kerjasama ini dapat berlanjut melalui kegiatan-kegiatan seperti konsultasi statistik, seminar, serta penerimaan mahasiswa MBKM di BPS,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa mahasiswa FEB yang mengikuti program MBKM akan diarahkan untuk membantu program Cinta Statistik di kelurahan-kelurahan Kota Malang.

Acara dilanjutkan dengan peresmian oleh Wakil Rektor IV UM, Prof. Arif Nur Afandi. Ia menekankan pentingnya langkah strategis ini dalam menyiapkan mahasiswa menghadapi dunia nyata. “Pojok Statistik ini tidak hanya menjadi pusat data, tetapi juga tempat belajar untuk mengoperasionalkan data statistik sesuai dengan kondisi riil,” kata Prof. Arif. Ia berharap Pojok Statistik ini menjadi pusat informasi yang dapat membantu masyarakat memahami data statistik dengan lebih baik.

Acara tersebut diakhiri dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara FEB UM dan BPS Kota Malang, yang menandai komitmen bersama dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kolaborasi berbasis data. Langkah ini juga mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya poin ke 17 yaitu dalam memastikan akses informasi yang akurat dan penguatan kemitraan untuk pembangunan berkelanjutan.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM
Foto: Humas UM