image_pdf

Malang – Jumat, 18 Oktober 2024, Universitas Negeri Malang (UM) memperingati puncak Lustrum XIV dan Dies Natalis ke-70. Mengusung tema Sehat Bahagia, Prestasi Mendunia rangkaian acara yang digelar sejak Agustus hingga Oktober 2024 ini menghadirkan berbagai kegiatan akademik dan non-akademik yang menegaskan peran UM dalam mendukung pendidikan berkelanjutan, inovasi, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan Akademik: Wadah Diseminasi Ilmu dan Inovasi
Sebagai perguruan tinggi terkemuka, UM memulai rangkaian kegiatan Dies Natalis dengan acara akademik bertajuk Cakrawasena: Diseminasi Riset 14 Profesor dan 70 Doktor Baru yang diselenggarakan di Gedung A19. Kegiatan ini menampilkan diseminasi hasil riset dari berbagai bidang keilmuan. Cakrawasena berlangsung pada tiga pekan, yaitu pada tanggal 11, 20, dan 25 September 2024, dengan fokus pada bidang ilmu Sains dan Teknologi, Pendidikan, dan Sosial Humaniora.

Selain itu, program Cakralocita: Alumni UM Berbagi yang juga menjadi bagian penting dalam kegiatan akademik UM. Dalam kegiatan ini, para alumni berkesempatan untuk mengajar dan berbagi pengalaman di berbagai program studi di sepanjang bulan September hingga November 2024. Program ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara alumni dengan mahasiswa dan memberikan inspirasi kepada generasi penerus.

Di sisi lain, kegiatan Cakrarunika: Pekan Pameran digelar pada 9 hingga 14 Oktober 2024 di Graha Cakrawala. Kegiatan ini meliputi pameran pendidikan, kewirausahaan, seni, sejarah, dan Higher Education Expo (HEE) yang menampilkan inovasi-inovasi terbaru di dunia pendidikan, seni budaya, dan kewirausahaan. Selain itu, talkshow bersama praktisi pendidikan dan industri serta sivitas akademika UM berprestasi juga digelar disela sela pameran sebagai bagian dari kegiatan ini, untuk memberikan wawasan yang luas kepada mahasiswa tentang masa depan pendidikan.

Sebagai penutup rangkaian kegiatan akademik, pada 18 Oktober 2024, UM akan menggelar Cakraphinastika: Puncak Peringatan Lustrum XIV di Graha Cakrawala. Acara ini akan menampilkan orasi ilmiah serta memberikan penghargaan kepada sivitas akademika yang berprestasi dalam bidang keilmuan dan pengabdian serta capaian fakultas dalam Program Green Campus.

Kegiatan Non-Akademik: Kreativitas, Olahraga, dan Seni Budaya
Selain kegiatan akademik, UM juga menyelenggarakan berbagai acara non-akademik yang melibatkan mahasiswa, dosen, serta masyarakat umum. Dalam bidang olahraga, Cakraniskala diselenggarakan dalam bentuk berbagai kompetisi olahraga tradisional dan modern, seperti bakiak, egrang, serta turnamen badminton, tenis meja, renang, voli pantai, petanque, catur hingga e-sport. Tak hanya itu, pada 13 Oktober 2024 UM menggelar kegiatan fun walk dan bazar yang dirancang untuk meningkatkan semangat sportivitas dan kebersamaan di kalangan sivitas akademika.

Disisi lain, kegiatan Cakralocita di bidang non-akademik digelar dalam bentuk seminar kesehatan mental dan donor darah pada 18-19 September 2024, untuk menandai kepedulian UM terhadap kesehatan sivitas akademika dan masyarakat umum.

Di bidang seni dan kreativitas, kegiatan Cakracintya: Festival Seni Nasional menjadi ajang kompetisi bagi siswa SMA/SMK, mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan UM. Acara ini mencakup berbagai bidang menarik seperti desain ilustrasi, komik strip, serta fotografi dan menyanyi. Acara final dilaksanakan pada 11 Oktober 2024, dan pemenang akan mendapatkan penghargaan khusus.

Puncak dan Gebyar Lustrum XIV Dies Natalis ke-70 UM
Puncak peringatan Lustrum XIV dan Dies Natalis ke-70 UM akan berlangsung pada 18 Oktober 2024. Acara puncak akan dimulai dengan upacara resmi yang dihadiri oleh seluruh sivitas akademika dan tamu. Pada malam harinya, acara akan diakhiri dengan Cakramastaka: Pagelaran Sendratari Ramayana yang diperankan oleh pimpinan UM, mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Direktur, dosen, tenaga kependidikan (tendik), hingga mahasiswa. Pagelaran ini akan diselenggarakan di Graha Cakrawala dengan tujuan memperkuat solidaritas dan kebersamaan sivitas akademika melalui karya seni budaya.

Sendratari ini diharapkan dapat menjadi simbol kekuatan, kesetiaan, dan kerjasama, yang sekaligus merepresentasikan semangat Cakra Sapti Semesta sebagai upaya UM dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Pewarta: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM