image_pdf

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) mendapatkan kesempatan berharga untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan 5TH International Annual Meeting On Stem Education (5th I AM STEM ) dengan mengusung tema “STEM Literacy for Sustainable Development”. I AM STEM merupakan seminar yang diselenggarakan untuk membawa para peneliti, pendidik, mahasiswa, profesional, dan kelompok masyarakat yang tertarik dengan pendidikan STEM untuk mempresentasikan karya mereka. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, langsung di Ballroom Akasia, Savana Hotel and Convention dan daring melalui zoom meeting pada Jum`at-Sabtu (05-06/08/2022). Peserta berasal dari berbagai negara, antara lain berasal dari Thailand, Indonesia, Vietnam, Taiwan, Malaysia, dan Filipina yang akan menampilkan 89 presentasi oral, 34 poster, dan 11 exhibition.

Konferensi ini memberikan kesempatan bagi akademisi dan profesional dari berbagai bidang pendidikan STEM untuk berbagi pengetahuan teoretis, temuan penelitian, dan praktik pendidikan dengan kolega dan komunitas akademik. Pembicara inti dalam 5th I AM STEM adalah Prof. Ingo Eilks FRSC dari University of Bremen, Jerman, Prof. Chun-Yen Chang dari National Taiwan Normal University, Taiwan, Prof. Gillian Roehrig dari the University of Minnesota, Amerika, Prof. Lucy Avraamidou & Nathália Helena Azevedo, Ph.D, dari University of Groningen, Belanda, Prof. Sheryl Lyn Carreon Monterola dari Filipina, dan Prof. Hadi Suwono dari Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Acara ini dibuka langsung oleh Dekan FMIPA, Prof. Dr. Hadi Suwono, M.Si., yang menyampaikan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang turut andil dalam mensukseskan acara I AM STEM ini dan menjelaskan tema dari konferensi I AM STEM. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh tamu yang sudah bersedia jauh-jauh datang ke Indonesia. Terima kasih juga kepada seluruh panitia yang telah menyiapkan segala hal untuk pelaksanaan konferensi ini. Semoga acara ini bisa berlanjar hingga akhir agenda,” tuturnya.

“Tema konferensi ini adalah STEM Literacy for Sustainable Development yang sangat sesuai dengan upaya dunia pendidikan untuk berkontribusi dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dicanangkan oleh PBB maupun oleh Pemerintah Indonesia [Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017].  Strand atau subtema dalam konferensi ini meliputi: Perspectives on STEM in education, Research-based practices for engaging students in STEM learning, STEM Teacher Education and Professional Learning, Policy and leadership for improving STEM, Transdisciplinary learning in STEM, Digital technologies/learning spaces facilitating STEM learning, Integrated pedagogical approaches to STEM, STEM as critical literacy, STEM and environmental sustainability. Subtema ini sangat sesuai dengan tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) nomor 3, 4, dan 5 serta berkontribusi terhadap banyak tujuan SDGs lainnya,” pungkas Dekan FMIPA.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.