image_pdf

Malang. Para atlet KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Kota Malang menjalani tes kondisi fisik di lapangan tenis dan stadion Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara KONI Kota Malang dan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UM, dan diagendakan selama tiga hari yakni pada tanggal 12-14 Maret 2022. 

Tujuan dari kerja sama antara KONI Kota Malang dan FIK UM yaitu untuk memantau progres kondisi fisik para atlet sebelum akhirnya turun bertanding di Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) nantinya. “Tujuan kegiatan ini yaitu untuk melihat progress kondisi fisik atlet KONI Kota Malang sebelum turun ke Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur yang akan diselenggarakan pada bulan Juni sampai Juli nanti di Kota Jember, Situbondo, Lumajang dan Bondowoso. Kegiatan tes ini juga merupakan kegiatan tes yang ketiga, sehingga kita bisa melihat sejauh mana perkembangan meningkatnya atlet dari tes satu ke tes kedua, dan dari tes kedua ke ketiga. Yang nantinya kami akan kirim laporannya ke pihak KONI Kota Malang,” ungkap Dr. Imam Hariadi selaku penanggung jawab kegiatan.

Sejumlah 526 atlet dari 45 cabang olahraga yang berbeda melakukan tes kondisi fisik yang pada pelaksanaannya turut dibantu oleh mahasiswa dengan program studi dan mata kuliah yang bersangkutan serta beberapa dosen FIK UM dan dimonitor langsung oleh KONI dari awal hingga akhir kegiatan. 

“Harapan saya mewakili tim dari UM yaitu agar tes ini nanti bermanfaat atau dapat digunakan sebagai acuan untuk menyusun program latihan lebih lanjut untuk melihat kondisi fisik atlet sebelum turun ke Porprov Jawa Timur 2022. Sehingga nanti diharapkan membantu pelatih di dalam menyusun atau mengimplementasikan program dan harapan rangking dua yang dicita-citakan oleh KONI Kota Malang itu akan tercapai melalui tes dan pengukuran atlet ini,” tutur Dr. Imam Hariadi saat mengakhiri sesi wawancara.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah (Internship Humas UM) 

Editor :  Nike V. Yuarko