image_pdf

Sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan pembelajaran, serta mengenalkan mahasiswa terhadap dunia kerja, Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) gelar kegiatan Edutechxperience 5.0 dan Job Fair sekaligus Pameran Karya Digital yang diselenggarakan pada Selasa, (07/05) yang berlangsung di Gedung Sasana Krida UM. 

Kegiatan pertama dibuka langsung oleh Ketua Pusat Karir IKA UM, Ahmad Fahmi, S.T., M.T., yang menegaskan makna dari kegiatan yang telah diadakan ini, “Kegiatan Edutechxperience 5.0 ini bertujuan untuk memberikan inspirasi dan wadah bagi mahasiswa maupun alumni hingga masyarakat sekitar dalam mengembangkan keterampilan inovasi digital, buku/film serta teknologi,” ujar Ahmad Fahmi.

Selain itu, guna memudahkan dan menjembatani para alumni UM yang siap kerja untuk mendapatkan pekerjaan, maka IKA UM ini memfasilitasinya dengan menggelar job fair. Menurut bapak Ahmad Fahmi, “Job fair kali ini sangat besar, dikarenakan pada tahun ini kita membuka peluang hingga 518 perusahaan yang menawarkan lebih dari 1500 lowongan pekerjaan,” ungkap Ahmad Fahmi. Kegiatan ini dibuka untuk umum, bahkan tidak hanya jenjang mahasiswa bagi SMA sederajat pun sangat dianjurkan untuk datang. 

Begitu antusias mahasiswa memadati acara Edutechxperience 5.0, ditambah lagi dengan adanya sesi bedah buku/film berjudul “Tak Kenal Maka Taaruf” yang turut menghadirkan penulisnya langsung, Mim Yudiarto. Mahasiswa semakin bersemangat mengikutinya, mendengarkan kisah-kisah menarik dan menyentuh yang terangkai di dalam buku tersebut.

Pameran karya digital yang digelar pun juga sangat menarik, dimana pada pameran ini langsung menghadirkan Mohammad Arief Nazaruddin, S.Sn., M.Ds., beliau merupakan alumni Fakultas Sastra Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) UM yang saat ini sukses sebagai Direktur PT Wofltagon Future Innovation.

Hasil karya digital mahasiswa Universitas Negeri Malang yang ditampilkan dalam kegiatan pameran

Arief menampilkan karya Come to Life VR Game (Meta Guest), Holoverse VR Game Virtual Reality 360 dan lainnya. Serta juga terdapat karya mahasiswa Teknologi Pendidikan UM yang dibina oleh Arafah Husna, S.Pd., M.Med.Kom., dengan menampilkan karya website, AR/VTR, 3D maupun 2D.

Kegiatan ini dimulai 01 Mei sampai 01 Juni 2024 serta para perusahaan atau instansi bisa mengaksesnya secara gratis selama 24 jam di ika.um.ac.id/virtualjobfair

Pewarta: Soni Subhan Muttaqin – Internship Humas UM 

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM