image_pdf

Seksi Karir dan Alumni Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Malang (UM) gelar Career Expo 2024 dengan tema “Bergerak Selaras Menghasilkan SDM Berkualitas” selama dua hari pada Selasa dan Rabu, (07-08/05) di Graha Cakrawala UM. Pembukaan Kegiatan Career Expo dihadiri oleh Ketua Ikatan Alumni (IKA) UM, Prof. Suparno, Wakil Rektor I, Prof. Ibrahim Bafadal, Asisten PJ Walikota Malang Bidang Perekonomian dan Pembangunan serta Perwakilan Dinas Tenaga Kerja Kota Malang. 

Kegiatan Career Expo 2024 ini dihadiri oleh 34 perusahaan dan lembaga lokal, 1.386 mahasiswa yang terdiri dari berbagai universitas, serta lembaga pendidikan dan masyarakat umum. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya dalam mengatasi problematika faktual terkait permasalahan lapangan pekerjaan dan signifikansi peran perguruan tinggi dalam melahirkan generasi tenaga kerja profesional.

Ketua pelaksana Career Expo 2024, Dr. Rahmawati M. Pd  dalam sambutannya menyampaikan bahwa diperlukan persiapan yang matang oleh PTN dalam mencetak lulusan mahasiswa yang berdaya saing tinggi untuk menghadapi dinamika globalisasi. “Menghadapi era transformasi digital dan disrupsi yang begitu masif, diperlukan kolaborasi serta sinergitas perguruan tinggi dan dunia industri yang menjadi tonggak esensi dalam menghantarkan mahasiswa agar mampu menghadapi dan memenuhi tuntutan global secara kompetitif,” tuturnya. 

Sejalan dengan Dr. Rahmawati, Prof. Ibrahim Bafadal juga menyampaikan bahwa adanya Career Expo ini merupakan jembatan bagi para mahasiswa dan alumni UM untuk segera mendapatkan pekerjaan yang layak. Prof. Ibrahim juga menyampaikan apresiasi positif atas terselenggaranya kegiatan Career Expo ini yang melibatkan berbagai elemen, diantaranya yaitu IKA UM dan pemerintah kota termasuk Dinas Ketenagakerjaan Kota Malang. 

“Agenda Career Expo ini merupakan agenda yang strategis karena jika merujuk pada legal formal, UM diikat perjanjian kerja dengan Kemendikbudristek. Salah satu ikatan perjanjiannya  adalah UM harus mampu meluluskan alumni yang siap untuk mendapatkan pekerjaan dalam masa tunggu 12 bulan. Namun tidak hanya sekedar mendapat pekerjaan, alumni juga diharapkan mampu mendapatkan pekerjaan yang layak dan memiliki jenjang karir yang baik. Selain legal formal, sudah menjadi tugas UM menjembatani mahasiswa untuk mampu berdiskusi dan mendapatkan gambaran karir kedepannya” papar Prof. Ibrahim 

Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan Career Expo oleh Ketua IKA UM, Prof. Suparno dan Wakil Rektor I UM, Prof. Ibrahim Bafadal. Usai pembukaan, peserta Career Expo dapat mengunjungi stand perusahaan yang telah berjajar rapi di Graha Cakrawala. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dan para jobseeker mendapatkan pekerjaan sesuai dengan kebutuhannya masing masing.

Pewarta : Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM 

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM