image_pdf
Peserta dari tenaga pendidik dan dosen mulai berdatangan ke Klinik Pratama UM untuk mengikuti tes urine

Malang – Untuk memastikan kesehatan dan integritas civitas akademika, Universitas Negeri Malang (UM) menggelar tes urine tahunan pada 24 Oktober 2024. Tes ini merupakan upaya preventif terhadap penyalahgunaan narkoba, sekaligus bentuk kolaborasi antara Direktorat Sumber Daya Manusia dan Klinik Pratama UM dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang. Sebanyak 2.300 dosen dan tenaga kependidikan (tendik) terlibat dalam kegiatan yang telah diadakan untuk ketiga kalinya ini.

“Tentu sudah menjadi agenda tahunan. Kami ingin SDM di UM selalu prima dalam memberikan layanan akademik dan pengajaran kepada mahasiswa. Ini juga sejalan dengan tagline Dies Natalis kami: Sehat, Bahagia, dan Prestasi Mendunia,” ujar Wakil Rektor II UM, Prof. Dr. Puji Handayati, S.E., Ak., M.M., CA, CMA.

Acara dimulai dengan sambutan dari Wakil Rektor II dan perwakilan BNN Kota Malang. Setelah itu, tes urine langsung dilakukan oleh petugas di Klinik Pratama, yang berperan sebagai fasilitator utama dalam menjaga kesehatan civitas akademika UM. Klinik ini juga menjadi penghubung komunikasi antara UM dan BNN Kota Malang.

Meski tingkat kewaspadaan terhadap penyalahgunaan narkoba di kalangan dosen dan tendik Kota Malang tergolong aman, Ketua BNN Kota Malang, Trianto, S.Sos., menekankan pentingnya langkah pencegahan ini. “Kita berhadapan dengan musuh seperti ‘hantu’, jadi kewaspadaan tidak boleh lengah. Kami sangat mendukung upaya seperti ini dan siap memberikan pelayanan bagi masyarakat Kota Malang,” ungkapnya.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi luas dari para dosen dan tendik. Mereka menyambut positif tes urine sebagai langkah penting untuk menjaga kesehatan pribadi dan menciptakan lingkungan kampus yang sehat serta aman. Upaya ini juga sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam mendukung target kesehatan yang baik dan kesejahteraan (SDG 3).

Ke depannya, diharapkan tes urine ini dapat terus dilakukan secara berkala dengan melibatkan lebih banyak pihak serta memperluas cakupan peserta. Langkah ini bertujuan menciptakan lingkungan kampus yang bebas dari narkoba, sekaligus mendorong tercapainya prestasi yang lebih baik di kalangan civitas akademika UM.

Pewarta dan Foto: Afgian Gala Mahiya Ikhsan – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM