image_pdf

Usaha dan ketekunan merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain untuk mencapai impian. Begitulah yang dirasakan oleh Ilham Lahia seorang mahasiswa Program Studi (Prodi) S1 Pendidikan Bimbingan dan Konseling yang menjadi salah satu penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) sejak tahun 2022. “Blessed is the nightbird that sings for joy and not to be heard, adalah motto hidup sekaligus motivasi untuk menikmati dan menghargai proses atas usaha kita sendiri tanpa terlalu memikirkan apresiasi atau pujian dari orang lain,” ungkap Ilham. 

Melalui motto hidup tersebut Ilham termotivasi untuk membuktikan dengan upaya demi upaya dalam perjalanan hidupnya, hingga ia akhirnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang sarjana di bidang Bimbingan Konseling dengan semangat yang tinggi. Dimulai dari keinginannya untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan menjadi profesional di bidangnya, motivasi utama Ilham untuk melanjutkan pendidikannya adalah ingin membahagiakan kedua orang tuanya dengan menjadi orang terpelajar. Berangkat dari motivasi tersebutlah Ilham bertekad daftar kedalam program KIP-Kuliah untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. “Pendaftaran KIP-Kuliah awalnya dimulai melalui sekolah, melengkapi persyaratan administrasi, dan mengikuti seleksi yang cukup ketat. Saya berusaha agar nilai akademik saya stabil meskipun lintas jurusan dari MIPA ke IPS,” tutur Ilham. “Sejak kelas 11 SMA, beberapa anggota keluarga saya terdaftar dalam data terpadu kesejahteraan sosial di Dinas Sosial, sehingga hal itu memperkuat data saya dalam penerimaan KIP-Kuliah,” jelasnya. 

Universitas Negeri Malang (UM) menjadi kampus pilihannya karena dinilai UM dapat memberinya banyak kesempatan untuk berkembang, baik secara akademik maupun non-akademik. Hal ini terbukti dengan keaktifan Ilham di bidang akademik maupun non akademik sejak menjadi mahasiswa UM. Di bidang non akademik, Ilham aktif di berbagai organisasi, mulai dari HMD BK FIP UM, 4BMP (Forum Mahasiswa Bidikmisi Ponorogo), Forum Mahasiswa Ponorogo Putu Warok Malang, dan Organisasi Pecinta Ilmu Seni FIP UM (OPIUM) yang masing-masing telah dijalaninya selama 2 periode. Sedangkan di bidang akademik, Ilham telah memenangkan berbagai lomba di bidang BK maupun non-BK, yaitu juara 1 lomba video konseling psikoanalisis nasional GEMA BK 2024, juara 1 lomba proposal inovasi pendidikan non formal nasional SMARATION 2024, juara 1 lomba esai nasional GCE 2024, juara 1 lomba bimbingan kelompok nasional CW 2024, dan beberapa lainnya.

Menjadi salah satu penerima beasiswa KIP-Kuliah membangkitkan semangatnya untuk berprestasi lebih baik lagi, karena menurut Ilham, KIP-Kuliah memberikan kesempatan baginya untuk fokus pada studi tanpa perlu mengkhawatirkan tentang biaya hidup serta pendidikan. Semangatnya untuk terus mengasah kemampuan dan kualitas dirinya tidak luput dari dukungan keluarga, terutama orang tua yang selalu memberikan dukungan moral, kelompok belajarnya selama perkuliahan, serta dosen pembimbing akademiknya, yaitu Riskiyana Prihatiningsih, S.Pd, M.Pd. yang selalu memotivasi dirinya untuk terus berkembang, berproses, dan berprestasi. 

“Selalu manfaatkan setiap kesempatan yang ada, terus berusaha untuk meraih prestasi dan jangan takut gagal untuk berkontribusi positif bagi lingkungan sekitar,” pesan Ilham kepada seluruh mahasiswa, terutama mahasiswa UM.

Pewarta: Silla Cahya Nisa – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM