image_pdf

Malang. Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) sukses selenggarakan Diskusi Penerapan Teknologi 5D BIM pada Kurikulum Departemen Teknik Sipil FT UM. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada Senin (18/04) pukul 10.00 hingga pukul 11.30. Diskusi ini mendatangkan Bonny Reinhard Immanuel selaku Assistant Director Of Business Development Glodon Indonesia sebagai pemateri.

Diskusi diawali dengan paparan dari Bonny Reinhard Immanuel tentang teknologi yang berkembang sangat pesat sangat memudahkan kerja manusia di berbagai aspek, salah satunya adalah dalam membuat desain bangunan. Beliau mengibaratkan hal tersebut dengan alat komunikasi yang dulu menggunakan pager atau media penerima pesan portabel kini sudah digantikan dengan smartphone yang semakin canggih dan serbaguna.

BIM atau Building Information Modelling adalah suatu teknologi yang mencakup informasi penting dalam proses desain, konstruksi, dan pemeliharaan yang terintegrasi pada pemodelan 3D. BIM sendiri memiliki berbagai dimensi, mulai dari 2D, 3D, 4D, 5D, 6D, dan 7D. Jika pada proses konvensional perhitungan volume dan rancangan anggaran biaya (RAB) masih dilakukan secara manual dengan bantuan spreadsheet, maka BIM 5D memungkinkan untuk menghitung volume dan RAB secara otomatis dan akurat. Beliau menyatakan bahwa penggunaan BIM 5D sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran.

“Pembelajaran teknologi BIM sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama bagi mahasiswa untuk dapat memahami dan menguasainya. Saya menyarankan pelatihan penggunaan teknologi ini sebaiknya dilakukan sekitar dua minggu dan dilakukan sertifikasi di akhir pelatihan. Belajar menggunakan teknologi BIM itu harus memperhatikan betul itu minimal sekitar lima hari, lah, untuk mempelajari BIM. Kalau dipelajari cuma dalam waktu satu hari, pasti too much information yang didapat dalam sehari dan akan bingung sendiri. Nanti kalau dites pasti akan kesusahan dan hasilnya tidak maksimal,” ujarnya.

Kegiatan ditutup dengan sesi tanya jawab yang diikuti dengan antusias. Hal ini ditunjukkan oleh banyaknya pertanyaan yang diajukan dari dosen-dosen departemen teknik sipil mengenai teknologi BIM secara keseluruhan untuk melancarkan kegiatan pembelajaran di Departemen Teknik Sipil FT UM.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas UM

Editor: Nike V. Yuarko