image_pdf

Designoholic x Navastra Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar pameran karya mahasiswa. Pada tahun ini pameran digelar dengan tempat yang lebih luas dan lebih banyak karya-karya yang disajikan daripada tahun sebelumnya. Designoholic x Navastra dibuka mulai Senin hingga Minggu tanggal 5-26 Mei 2024 yang bertempat di Gedung D18, D16, D14 Fakultas Sastra (FS) UM pada pukul 08.00-16.00 WIB. Kegiatan ini bukan hanya menyediakan pameran semata akan tetapi juga banyak serangkaian acara yang digelar seperti workshop international, cosplay, mural, kolase art jamming, bazar dan acara lainnya.

Pada tahun ini, pameran karya di Designoholic x Navastra berasal dari mahasiswa Fakultas Sastra (FS) UM seluruh departemen, mulai dari Departemen Seni dan Desain, Departemen Sastra Indonesia, Departemen Sastra Inggris, Departemen Sastra Arab dan Departemen Sastra Jerman yang didominasi dari mahasiswa semester 2 dan semester 4.

Joni Agung Sudarmanto, S.Sn., M.Ds., selaku ketua pelaksana, dalam wawancaranya menjelaskan mengapa tahun ini mengikutsertakan seluruh departemen di FS dalam pameran karya. “Mengingat tahun lalu antusias dan ketertarikan pengunjung banyak, maka dari itu kami sebagai tim penyelenggara membuat pameran di tahun ini lebih banyak yang disajikan. Mulai dari desain dua dimensi, tiga dimensi, patung, hingga desain buku,” ungkap Joni.

Rangkaian kegiatan ini tidak hanya menyediakan pameran semata, tetapi para pengunjung juga bisa mengunjungi stand bazar, stand thrift baju serta stand photobox agar dapat menarik minat pengunjung pameran lebih tinggi.

Joni juga menjelaskan bahwa seluruh hasil dari pameran ini merupakan ide kreatif dan inovatif dari seluruh mahasiswa FS, “Bahwasanya kami sebagai dosen hanya membimbing dan mengarahkan saja. Ide serta gagasan yang diberikan pada pameran karya ini, sepenuhnya merupakan ide dari mahasiswa FS UM, artinya yaitu ternyata mahasiswa FS UM ini adalah mahasiswa yang memiliki ide-ide kreatif dan inovatif yang kuat,” pungkas Joni.

Kegiatan Designoholic x Navastra ini nantinya juga mengundang dari teman teman SMP maupun SMA di sekitar Malang. “Tujuan kami mengundang adik-adik SMP dan SMA nanti yaitu supaya dapat memotivasi ide-ide kreatif dari teman-teman serta dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan sebuah gambaran untuk kedepannya bila ingin menjadi mahasiswa FS UM,” ujar Dosen Desain Komunikasi Visual UM tersebut.

Bagi kalian semua yang penasaran dengan pameran karya dari mahasiswa FS UM, buruan ramaikan Designoholic x Navastra. Informasi selengkapnya dapat kunjungi di instagram @designoholic.exhibiton 

Pewarta: Soni Subhan Muttaqin – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM