image_pdf
Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) peringati Dies Natalis yang ke-58

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) rayakan Dies Natalis yang ke-58 dengan acara tasyakuran bersama. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20 Lantai 9 pada Jum’at (01/09) dengan dihadiri oleh Dekan dan Para Wakil Dekan FT, Ketua Senat, Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa FT.

Sejarah mengatakan bahwasanya bidang keteknikan sangat dibutuhkan dalam berbagai hal, baik itu dalam bidang industri maupun bidang lainnya. “Dengan adanya perkembangan dan kemajuan zaman saat ini, bidang keteknikan terus digalakkan dan dirancang sebaik mungkin. Hadirnya FT UM ini sebagai sarana dan memberikan peluang besar bagi lulusannya yang mau bersungguh-sungguh ketika belajar ilmu teknik,” ujar Hasan Ismail, S.Pd., M.Sc., Ph.D., Ketua Pelaksana Dies Natalis.

Pada Dies natalis yang ke-58 ini, FT UM mengusung tema “Engineers of Change, Shaping the Future” yang menaruh harap agar FT UM semakin dapat memantapkan langkahnya di kancah Nasional maupun Internasional.

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Dies Natalis juga menyampaikan serangkaian dies natalis FT UM. “Kegiatan tasyakuran ini merupakan acara pembukaan dari Dies Natalis ke-58 FT UM. Setelah itu akan dilanjutkan dengan agenda senam bersama, jalan sehat, sport day, industrial day, international days, executive banquet, peragaan busana, alumni gathering dan akan terus berlanjut hingga nanti bulan November, dimana akan ditutup dengan acara Inagurasi sebagai acara puncak perayaan Dies Natalis,” imbuhnya.

Sambutan juga disampaikan oleh perwakilan pimpinan FT UM. Dalam hal ini disampaikan oleh Dr. H. Isnandar, M.T., yang pernah menjabat sebagai Dekan FT UM pada tahun 2002 hingga 2007. Beliau menyampaikan rasa syukur atas kemajuan FT UM dari masa ke masa.

“Syukur alhamdulillah saya sampaikan, saya bangga kepada FT UM yang saat ini terus mengedepankan visi menjadi fakultas yang unggul serta rujukan dalam bidang akademik, profesi maupun vokasi,” ungkap Dr. Isnandar.

Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) peringati Dies Natalis yang ke-58 di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20 Lantai 9

“Saya turut beruntung dan berbahagia bisa menjadi bagian dari FT UM. Sejak saya menjabat menjadi Dekan hingga saat ini, FT UM selalu terus berupaya mencetak dan mengembangkan visinya. Hal ini bisa dibuktikan bahwa pada tahun ini FT UM mampu memberangkatkan mahasiswa outbound mobility ke berbagai negara”, imbuh Dr. Isnandar.

Sebagai pungkasan sambutan pada acara tasyakuran Dies Natalis ini, Dekan FT UM Prof. Dr. Andoko, S.T., M.T., juga turut menceritakan secara singkat mengenai sejarah FT UM mulai dari tahun 1965 hingga 2023.

“Perlu diketahui, IKIP ini didirikan pada tahun 1954. Setelah melalui proses panjang, IKIP mampu melahirkan Fakultas Teknik pada tahun 1965. Mulanya FT UM hanya mencakup dua departemen, yakni: departemen teknik mesin dan departemen teknik sipil”, ujar Prof. Handoko.

“Langkah FT UM terus melaju seiring berjalannya waktu, dibuktikan hingga saat ini FT UM telah memiliki 4 departemen dengan 16 program studi. Dengan adanya pencapain tersebut FT UM semakin memiliki daya saing yang global demi menciptakan fakultas rujukan bagi masyarakat sekitar,” tandas Prof. Handoko.

Pewarta: Soni Subhan Muttaqin – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah