image_pdf
Direktur DIPHK UM, Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., (keemapat dari kanan) menyampaiakn cinderamata kepada Kepala Disdikbud Kalimantan Utara, Drs. Teguh Henri Sutanto, M.Pd

Menjelang seleksi penerimaan mahasiswa baru, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kalimantan Utara bersama para kepala sekolah SMA setempat lakukan kunjungan ke Universitas Negeri Malang (UM). Bertempat di Aula I Graha Rektorat UM lantai 1, kegiatan yang dilakukan pada Senin (13/01) ini berlangsung lancar tanpa hambatan. Acara dihadiri oleh Direktur Data dan Informasi, Pemeringkatan, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama (DIPHK) UM, Tim Humas UM, Kepala Disdikbud beserta 28 Kepala SMA Kalimantan Utara.

Direktur DIPHK UM, Dr. Yuni Rahmawati, S.T., M.T., ungkapkan rasa terima kasih atas kedatangan para penggerak pendidikan dari Kalimantan Utara. Dr. yuni menjelaskan bahwa pertemuan kali ini utamanya untuk membahas jalur-jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dapat diikuti oleh siswa-siswi dari Kalimantan Utara.

Akan tetapi, beliau berharap pertemuan kali ini dapat menjadi awal bagi UM dan berbagai SMA di Kalimantan Utara untuk merencanakan kerja sama yang bisa dilakukan. “Mungkin anak-anak kami (mahasiswa UM) yang akan menjadi calon guru dapat melatih kemampuannya di sana, atau dosen-dosen kami dapat melakukan riset untuk mencari solusi dari masalah-masalah yang dialami penduduk Kalimantan Utara,” tuturnya.

“Semoga kita dapat berjabat tangan dan bergandengan untuk saling mengisi,” tambah Dr. Yuni.

Ajakan Dr. Yuni ini diterima dengan baik oleh Kepala Disdikbud Kalimantan Utara, Drs. Teguh Henri Sutanto, M.Pd. Selain untuk silaturahmi, Teguh menjelaskan bahwa tujuan kunjungan ini adalah untuk menjajaki kerja sama antara UM dengan sekolah-sekolah di Kalimantan Utara.

Beliau dengan terbuka menerima mahasiswa UM yang ingin melakukan kegiatan praktek mengajar di sana. “Kalimantan Utara itu penduduknya sedikit, namun wilayahnya luas sehingga terdapat isu kurangnya pemerataan pendidikan di sana. Jadi kalau misalnya ada SDM berkualitas dari UM yang bisa mengajar di sana, silahkan,” ujarnya.

Teguh berharap setelah pertemuan ini UM dapat menerima siswa dan guru untuk melanjutkan studinya di UM. Demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kalimantan Utara, Teguh berharap ada program studi yang dapat diikuti penggerak pendidikan disana untuk menciptakan kualitas pengajar yang lebih baik. “Kami melihat kerja sama antara UM dengan Kalimantan Timur berbuah manis sehingga kami juga ingin bekerja sama,” tutur Teguh.

Sebelum mengakhiri sambutan, Teguh kembali menekankan bahwa Disdikbud Kalimantan Utara dan berbagai SMA setempat menerima penjajakan kerja sama dengan UM dengan tangan terbuka.

“Mari kita berikan peluang ke guru dan siswa untuk saling belajar dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas,” pungkas Teguh.

Pewarta: Nawal Kamilah Ismail – Internship Humas U