image_pdf
Donor darah hari kedua bersama PMI sedang berlangsung di Klinik Pratama UM

Malang— Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar kegiatan donor darah pada Kamis (19/09), sebagai rangkaian Lustrum UM ke-14, bertempat di Klinik Pratama UM. Kegiatan ini mendapat sambutan antusias dari sivitas akademika UM, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga tenaga kependidikan (tendik), yang hadir sejak pukul 08.00 WIB.

Fasilitas dan pelayanan dalam acara donor darah kali ini mendapatkan apresiasi tinggi dari para peserta. Salah satu pendonor, Ahmad Muam, Koordinator Tata Usaha Fakultas Sastra, menyatakan kepuasannya terhadap peningkatan fasilitas yang ada.

“Saya sangat puas dengan pelayanan panitia. Klinik Pratama yang telah direnovasi memberikan rasa aman dan nyaman bagi pendonor. Saya merasa tenang mendonorkan darah di UM,” ujar Ahmad Muam.

Selain peningkatan fasilitas, prosedur donor darah juga mengalami penyempurnaan. Mulai dari pendaftaran, pengisian formulir, pemeriksaan awal, hingga pengambilan darah, seluruh proses didampingi oleh KSR UM, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Malang, dan panitia penyelenggara.

“Pelayanan tahun ini meningkat, mulai dari registrasi hingga pengambilan darah. Petugas sangat ramah dan membantu pendonor dengan baik,” kata Tutut Widyaningrum, S.Ak., M.M., staf dari Seksi Anggaran dan Perpajakan UM.

Tingginya antusiasme peserta membuat pendaftaran ditutup sebelum pukul 12.00 WIB. Selain keinginan untuk membantu sesama, apresiasi berupa merchandise eksklusif Lustrum UM turut menjadi daya tarik bagi para pendonor.

“Biasanya di PMI saya hanya mendapatkan makanan dan vitamin. Tapi di UM, selain itu, saya juga mendapatkan merchandise yang sangat bermanfaat,” ungkap Annasha Anjani Tria Amelia, mahasiswa Program Studi PBSID Fakultas Sastra angkatan 2021.

Program donor darah yang rutin dilaksanakan setiap tiga bulan sekali ini diharapkan terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan darah.

“Semoga program ini bisa terus berjalan dengan lebih banyak peserta dan darah yang didonorkan bisa membantu lebih banyak orang,” tutup Ikhtiarto, Wakil Keamanan UM.

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM
Foto: Agil Afzal Mahfud – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM