image_pdf
Dekan FT UM Prof Andoko (kiri) bersama H. Hasan Basri (kanan) dalam forum diskusi terkait pengembangan muatan kurikulum di perguruan tinggi

Pimpinan Komite III DPD RI, H. Hasan Basri, S.E., M.H., melakukan kunjungan ke Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Malang (UM) pada Kamis (05/09). Kunjungan ini bertujuan untuk memantau program Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) serta berdiskusi terkait pengembangan muatan kurikulum di perguruan tinggi. Acara yang berlangsung di Aula Lantai 1 B11 Fakultas Teknik ini dihadiri oleh Dekan FT, Prof. Dr. Andoko, S.T., M.T., Wakil Dekan II, Dr. R. Machmud Sugandi, S.T., M.T., Wakil Dekan III, Rr. Poppy Puspitasari, S.Pd., M.T., Ph.D., serta jajaran akademisi lainnya. Selain itu, hadir pula perwakilan dari bagian kemahasiswaan UM, Dr. Heny Kusdiyanti, S.Pd, M.M., dan Subur Hariono, S.Pd.

Dalam diskusi tersebut, H. Hasan Basri menyampaikan kabar baik mengenai alokasi anggaran APBN untuk pendidikan yang akan meningkat pada tahun 2025, mencapai Rp726 triliun. “Kenaikan anggaran ini diharapkan mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara optimal dan selaras dengan tujuan negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Hasan Basri.

Lebih lanjut, Hasan Basri menanggapi laporan dari Prof. Andoko terkait 39 mahasiswa FT yang tidak lolos seleksi KIPK. “Insyaallah, kami akan berupaya agar 39 mahasiswa tersebut dapat menerima beasiswa. Kami tidak ingin ada mahasiswa yang berhenti kuliah karena kendala finansial,” jelasnya kepada tim Humas UM. Selain itu, ia juga mengumumkan penambahan kuota 200 beasiswa KIPK untuk mahasiswa UM yang membutuhkan.

Harapannya, dengan bantuan KIPK ini, mahasiswa dapat menyelesaikan kuliah tepat waktu dan memberikan kontribusi bagi bangsa. “Semoga dengan adanya beasiswa ini, mahasiswa dapat berkuliah dengan baik, lulus dalam 8 semester, dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa,” tambah Hasan Basri.

Diskusi yang berlangsung hangat ini diakhiri dengan sesi foto bersama. Melalui kunjungan ini, seluruh pihak yang terlibat menunjukkan sinergi dalam mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) ke-4, yakni memastikan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua. Dalam hal ini, Universitas Negeri Malang bersama DPD RI berkomitmen mengurangi ketimpangan akses pendidikan di Indonesia melalui program KIPK.

Pewarta: Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM
Fotografer: Muhammad Ghifariansyah – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM