image_pdf

Dalam rangka mengapresiasi karya mahasiswa, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (FS UM) menggelar pameran Navastra x Designoholic 2024. Pameran ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar rutin oleh Fakultas Sastra, sedangkan pada tahun ini kegiatan dilakukan pada tanggal 6-26 Mei 2024 di Gedung D18, D16 dan D14 FS UM. Selain menampilkan karya seni mahasiswa, di pameran ini juga terdapat program kegiatan lainnya, seperti cosplay, workshop bazar, dan juga lomba. 

Navastra sendiri merupakan acara tahunan yang dilakukan sebanyak dua kali sebanyak satu semester, yaitu Navastra Tutup Semester dan Navastra Sambut Semester. Berbeda dengan Navastra Sambut Semester, Navastra x Designoholic 2024 ini merupakan Navastra Tutup Semester yang diadakan sebagai bentuk apresiasi dan wadah kreativitas kepada para mahasiswa Sastra UM secara keseluruhan untuk menampilkan karyanya.  

Dengan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk menampilkan karya seni mereka, maka acara pameran ini juga ikut mendukung program Sustainable Development Goals (SDGs) ke-9 yaitu memajukan industri pada sektor seni dan budaya. Inovasi dari karya seni yang dihasilkan oleh mahasiswa FS ini menunjukkan potensi dan bakat yang luar biasa, sehingga mampu menarik perhatian industri kreatif dan memberikan kesempatan untuk berkembang karir di bidang tersebut setelah mereka lulus.

Menurut Evynurul Laily Zen, S.S., M.A., Ph.D., Wakil Dekan 1 Fakultas Sastra, pameran ini bukan hanya pameran seni biasa, namun pameran ini merupakan pameran pembelajaran yang ada di Fakultas Sastra.”Karya-karya yang ditampilkan bukan hanya seni, namun juga bahasa dan pembelajaran bahasa,” jelas Evynurul Laily Zen, S.S., M.A., Ph.D., Wakil Dekan 1 Fakultas Sastra. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga minggu agar hasil karya mahasiswa yang dipamerkan berlangsung maksimal, seperti pementasan teater mini dan pemutaran film yang keduanya merupakan contoh produk pembelajaran.

Ibu Evynurul, menyampaikan bahwa pameran ini dianggap sangat penting dalam pembelajaran Sastra, karena selain sebagai pameran pembelajaran, pameran ini digelar untuk tujuan branding kepada publik tentang identitas sastra. “Tujuan lainnya juga untuk menumbuhkan semangat interdisipliner antar Prodi Sastra maupun lintas Fakultas Sastra,” jelas Bu Evynurul. Selain itu, beliau juga menyampaikan bahwa harapannya dengan adanya pameran ini, khususnya mahasiswa Sastra dapat lebih termotivasi membuat karya yang lebih baik lagi, karena karya-karya tersebut akan mendapatkan penilaian publik secara otentik.

Pewarta: Silla Cahya Nisa – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM