image_pdf
Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. (empat dari kiri) bersama dengan wisudawan terbaik bidang akademik dan non-akademik

Universitas Negeri Malang (UM) pada Sabtu (3/8) menyelenggarakan Wisuda Periode ke-126 di Gedung Graha Cakrawala. Prosesi wisuda yang dihadiri oleh seluruh Pimpinan UM ini diikuti 1.250 calon wisudawan. Dalam wisuda periode ini, UM telah meluluskan total 159.155 mahasiswa, yang terdiri dari 2.581 lulusan program Doktor, 12.888 lulusan program Magister, 105.582 lulusan program Sarjana, 7 lulusan program Diploma IV, 17.137 lulusan program Diploma III, 2.947 lulusan PPG, dan 18.013 lulusan program Non Gelar.

Disamping itu, pada wisuda kali ini, sebanyak 1.082 lulusan dari program Diploma, Sarjana, dan PPG berhasil meraih Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) diatas 2,75, dengan rincian: 88% (948 mahasiswa) lulus dengan predikat “Dengan Pujian,” 12% (132 mahasiswa) meraih predikat “Sangat Memuaskan,” dan 0,18% (2 mahasiswa) dengan predikat “Memuaskan.”

Untuk program Magister dan Doktor, sebanyak 79% (133 orang) lulus dengan predikat “Dengan Pujian,” 18% (31 mahasiswa) dengan predikat “Sangat Memuaskan,” dan 2% (4 mahasiswa) dengan predikat “Memuaskan.” Dengan demikian UM menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kualitasnya dan mendukung para mahasiswa meraih prestasi akademik yang tinggi.

Ketua Senat UM, Prof. Dr. Ahmad Rofi’uddin, M.Pd melalui sambutannya menyampaikan bahwa kelulusan merupakan sebuah awal para wisudawan memikul tanggung jawab baru. Dengan demikian, beliau berharap kepada para wisudawan mampu menjadi pribadi yang amanah serta bangga menjadi alumni UM dan mampu menjaga nama baik almamater.

Sejalan dengan Ketua Senat, Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. dalam pidatonya menyampaikan harapan kepada para wisudawan setelah dinyatakan lulus pada hari ini. “Saya berharap, saudara-saudara sekalian dapat melanjutkan cita-cita masing-masing. Bagi yang ingin bekerja, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Yang ingin melanjutkan studi, semoga bisa diterima di kampus impian,” imbuh Prof. Hariyono.

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd. menyampaikan pidatonya dalam wisuda Universitas Negeri Malang periode ke-126

Rektor juga memberikan penghargaan khusus kepada para wisudawan yang berhasil meraih prestasi terbaik dalam bidang akademik, di antaranya:

  1. Dr. Paul Arjanto, putra dari Bapak Hans Liesay dan Ibu Wanty Lenny, dari program S3 Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dengan IPK 3,99 dan lama studi 6 semester. Paul lulus dengan predikat “Dengan Pujian.”
  2. Ida Mawadah, M.Si, putri dari Bapak Gufran dan Ibu Rostina Malinda, dari program S2 Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dengan IPK 4,00 dan lama studi 3 semester. Ida lulus dengan predikat “Dengan Pujian.”
  3. Faza Kasyiva Az Zahra, S.Pd, putri dari Bapak Dwi Efendi dan Ibu Sunarti, dari program S1 Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), dengan IPK 3,99 dan lama studi 7 semester. Faza lulus dengan predikat “Dengan Pujian.”
  4. Dea Fatikasari, S.Tr.Anim, putri dari Bapak Jaenal Arifin dan Ibu Tatik Handayani, dari program D4 Animasi, Fakultas Vokasi (FV), dengan IPK 3,92 dan lama studi 7 semester. Dea lulus dengan predikat “Dengan Pujian.”
  5. Muhammad Haris Prasetyo Adi, A.Md, putra dari Bapak Suprapto dan Ibu Kanthi Rahayu, dari program D3 Game Animasi, Fakultas Sastra (FS), dengan IPK 3,66 dan lama studi 7 semester. Haris lulus dengan predikat “Dengan Pujian.”

Selain itu, mahasiswa yang berprestasi di bidang non-akademik juga mendapatkan penghargaan khusus dari Rektor UM. Ialah Naufal Yuan Nabila, S.S, putra dari Bapak Iwan Priyanto dan Ibu Siti Wahyuningsih, dari program S1 Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra (FS), telah meraih berbagai penghargaan, antara lain:

  • Gold Medal Youth International Science Fair (YISF) Social Category 2024
  • Silver Medal World Invention Convention and Exhibition 2022
  • Silver Medal Category Entrepreneur of ASEAN Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair 2022

Pencapaian para wisudawan ini mencerminkan kualitas pendidikan di Universitas Negeri Malang dan komitmen para mahasiswa untuk meraih prestasi yang terbaik baik dibidang akademik maupun non-akademik. Selamat kepada seluruh lulusan Wisuda Periode 126.

Pewarta: Inayah Amalia Taufani-Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM
Foto: Tim Internship Humas UM