image_pdf
Para pemenang dari Pemilihan Duta Kampus (Paduka) UM 2024

Malang – Kemeriahan menyelimuti Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM) pada Senin (15/10) dengan berlangsungnya Grand Final Pemilihan Duta Kampus (Paduka) UM 2024. Acara yang digelar dari pukul 18.00 hingga 21.00 ini bukan sekadar ajang kecantikan. Para finalis dituntut untuk mampu merepresentasikan nilai-nilai yang dijunjung UM, yakni kecerdasan, karakter yang kuat, dan prinsip yang teguh. Kompetisi ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk tampil tak hanya memukau secara visual, tetapi juga dengan kepribadian dan intelektualitas yang luar biasa.

Mengusung tema ethnic, finalis tampil dengan busana rancangan mahasiswa Tata Busana Fakultas Teknik UM, memperlihatkan keberagaman budaya yang menjadi ciri khas Paduka UM. Dalam setiap tahunnya, ajang ini selalu menampilkan tema budaya pada tahun genap dan tema modern pada tahun ganjil. Finalis tak hanya berpenampilan modis dengan gaya varsity, tetapi juga menunjukkan semangat pelestarian budaya.

Tahun ini, ajang Paduka UM 2024 menjadi semakin istimewa karena bertepatan dengan Lustrum UM yang mengusung tema “Sehat Bahagia Prestasi Mendunia.” Ketua pelaksana, Andi Muhammad Ilham, menjelaskan bahwa nilai-nilai tersebut harus dihidupi oleh setiap finalis. “Kami ingin mereka bahagia, enjoy, tetapi tetap memiliki prinsip yang kuat. Duta kampus adalah wajah UM, yang juga menjadi simbol nilai-nilai universitas,” jelasnya.

Dari ratusan pendaftar, tersaring 24 finalis yang kemudian dipilih menjadi 12 pasang untuk melaju ke babak final. Ketegangan meningkat saat pengumuman TOP 6 hingga TOP 3. Setiap finalis menunjukkan kemampuannya dalam berbicara, penguasaan materi, serta kepercayaan diri yang tangguh.

Pemenang utama, Runner-up I, dan Runner-up II tidak hanya berakhir di panggung. Mereka akan tergabung dalam Paguyuban Duta Kampus (Paduka) UM dan berperan sebagai brand ambassador universitas, sekaligus menjalin relasi dengan sponsor dan Humas kampus. Peran mereka juga selaras dengan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), terutama dalam hal peningkatan kualitas pendidikan dan kerja sama global.

Acara ini tidak hanya merayakan prestasi para pemenang, tetapi juga keberagaman budaya dan kebahagiaan yang terpancar dari setiap finalis. “Semoga mereka dapat menjalankan amanah dengan baik dan membawa nama baik UM hingga ke kancah internasional,” tutup Andi.

Pewarta: Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM
Foto: Izzan Riady – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM