image_pdf
Implementasi dari kegiatan kolaborasi seni membuat batik cap dan P5 di MI Guppi Widoro Pacitan

Malang – Hadapi tuntutan era modern, peningkatan kualitas pendidikan kini tak lagi cukup dengan metode konvensional. Universitas Negeri Malang (UM) melalui mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) bekerja sama dengan sekolah mitra menciptakan inovasi pembelajaran berbasis seni, yaitu Collaborative Artistic Platforms yang terintegrasi dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Minggu (27/10/2024) ini bertujuan memperkuat karakter siswa melalui pendekatan seni dan kolaborasi. Dr. Ike Ratnawati, S.Pd., M.Pd., dosen UM sekaligus ketua kegiatan, menyampaikan, “Proyek ini memberi kesempatan kepada mahasiswa PPG untuk mengajarkan tidak hanya materi akademik, tetapi juga mengoptimalkan potensi siswa melalui aktivitas seni yang kolaboratif dan berbasis proyek.”

Melalui Collaborative Artistic Platforms, mahasiswa PPG UM dilatih menggabungkan seni dengan teknologi sebagai sarana pembelajaran interaktif. Pendekatan ini memungkinkan siswa belajar lebih dinamis dan kreatif, sekaligus menanamkan nilai gotong royong, kreativitas, dan tanggung jawab sosial, yang sejalan dengan Profil Pelajar Pancasila.

Kegiatan ini sekaligus berfokus pada penggunaan teknologi digital yang memperkaya pengalaman belajar di kelas. Pendekatan ini sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 4, yaitu menyediakan pendidikan berkualitas bagi semua. Dr. Ike menjelaskan, “Inovasi dalam pendidikan harus terus berkembang untuk menghadapi tantangan globalisasi. Proyek ini menunjukkan bahwa kolaborasi seni dan teknologi mampu memperkaya proses belajar-mengajar.”

Proyek ini didukung oleh dana dari PPG UM dan mitra terkait, mencakup pelatihan serta pengembangan modul pembelajaran bagi mahasiswa dan guru. Harapannya, model ini dapat diterapkan di berbagai sekolah lainnya dan memberi dampak positif jangka panjang bagi kualitas pendidikan Indonesia.

Keterlibatan aktif pihak sekolah dan mahasiswa PPG dalam proyek ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara pendidikan tinggi dan pendidikan dasar hingga menengah, menciptakan generasi yang siap menghadapi tantangan global dengan nilai-nilai Pancasila.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Mahasiswa S2 Manajemen Pendidikan UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM