image_pdf
Masyarakat Desa Banjarsari sangat antusias mengikuti pelatihan optimalisasi produk tape yang diadakan oleh UM

Malang— Desa Banjarsari, yang dikenal sebagai pusat produksi tape, menjadi lokasi kegiatan pengabdian masyarakat oleh Universitas Negeri Malang (UM). Kegiatan yang digelar pada Jumat (26/7) ini bertujuan meningkatkan ekonomi lokal dengan mengolah tape menjadi produk turunan yang bernilai jual. Kelompok ibu-ibu pengusaha tape, yang sebelumnya hanya mengandalkan penjualan tape konvensional, diikutsertakan dalam pelatihan ini.

Masalah utama yang dihadapi adalah tape yang tidak terjual sering kali terbuang karena daya simpan yang pendek. Untuk mengatasi masalah ini, Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UM, yang diketuai oleh Dimas Abdillah, memberikan pelatihan pemanfaatan tape sisa menjadi proll tape. Selain itu, pelatihan tentang perhitungan harga pokok produksi (HPP) dan redesain brand tape juga dilakukan sebagai strategi meningkatkan daya saing.

“Produk turunan seperti proll tape dapat membantu masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan, serta melestarikan jajanan tradisional yang mulai pudar,” ujar Dimas. Ia menambahkan bahwa proll tape memiliki potensi besar untuk meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Banjarsari.

Pada hari kedua pelatihan, tim memberikan materi tentang perhitungan HPP. Passi, salah satu anggota tim, menjelaskan pentingnya HPP untuk menentukan harga yang kompetitif. Selain itu, pelatihan branding juga diberikan, dengan Sandy dan Aldo menegaskan pentingnya desain kemasan yang menarik untuk meningkatkan daya tarik produk di pasar. Para peserta mengikuti pelatihan dengan antusias, hingga Anggis, salah satu anggota tim, menyatakan bahwa peserta sangat aktif berpartisipasi dalam setiap sesi pelatihan.

Dengan kegiatan ini, diharapkan masyarakat Desa Banjarsari menjadi lebih mandiri dan kreatif, mendukung tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) poin 8, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.

Pewarta: Dimas Abdillah – Mahasiswa UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM