image_pdf
Juri dan pimpinan fakultas teknik berkunjung ke setiap tenant komoditas

Malang – Kamis 17 Oktober, Universitas Negeri Malang (UM) kembali menggelar ajang Karya Cipta Boga (KCB) 2024 di Gedung Sasana Budaya UM. Dengan mengusung tema “Pendidikan, Literasi, dan Inovasi Bahan Pangan Lokal Menuju Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan”, acara ini menarik perhatian berbagai kalangan. KCB dihadiri oleh Wakil Rektor III UM, perwakilan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Malang, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UM, dan jajaran pimpinan Fakultas Teknik UM. Salah satu sorotan utama KCB tahun ini adalah kehadiran tiga juri dari tiga negara, yakni Brunei Darussalam, Malaysia, dan Indonesia.

“Tahun ini, kami menghadirkan juri dari University Islam Sultan Syarif Ali Brunei Darussalam, Universiti Malaysia Sabah Malaysia, dan perwakilan dari Indonesian Chef Association (ICA),” ujar Ketua Departemen dan Ketua Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga, Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd., M.Pd., Ph.D.

Lismi menambahkan bahwa partisipasi juri internasional ini semakin memperkuat reputasi KCB. Kehadiran mereka disambut hangat oleh seluruh sivitas akademika UM, termasuk Wakil Rektor III UM, Prof. Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag., yang menegaskan pentingnya go international bagi produk mahasiswa. “Sudah saatnya produk mahasiswa UM dikenal secara global, bukan hanya di Indonesia,” kata Prof. Ahmad Munjin.

KCB, yang merupakan salah satu luaran mata kuliah Karya Cipta Boga, melibatkan mahasiswa S1 Pendidikan Tata Boga UM dalam menciptakan inovasi makanan. Pada KCB 2024, mahasiswa menampilkan sembilan komoditas pangan, termasuk kacang-kacangan, telur, susu, unggas, makanan pokok, buah, daging, fish & shellfish, dan sayuran. “Setiap mahasiswa menciptakan inovasi dari komoditas yang telah ditentukan,” jelas Lismi.

Acara ini juga memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk mencicipi hidangan hasil karya mahasiswa, serta menyediakan doorprize bagi peserta yang beruntung.

Wakil Rektor III UM berharap KCB dapat terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi masyarakat. “Semoga kegiatan ini terus menghasilkan inovasi yang lebih baik dan berkualitas,” tutupnya.

Pewarta: Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM
Foto: Muhammad Ridho Maulana – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM