image_pdf

Malang – Orientasi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan Angkatan I Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikburistek)  dilaksanakan oleh Prodi Pendidikan Profesi Guru Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) untuk mengenalkan kehidupan kampus kepada calon mahasiswa baru PPG.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting pada Senin (08/05) dengan  dibuka oleh Wakil Rektor 1 UM, Prof. Dr. H. Ibrahim Bafadal, M.Pd. Dalam sambutannya, Prof. Ibrahim menyebutkan bahwa terdapat 751 peserta dalam kegiatan PPG UM yang digagas oleh Kemdikbud Ristek kali ini. Sejumlah peserta ini berasal dari berbagai bidang yang berbeda, di antaranya adalah Agrobisnis Peternakan, Bimbingan dan Konseling, Pendidikan IPS, Matematika, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD), Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Jasmani dan Rohani, Teknik Komputer, Teknik Informatika, dan bidang-bidang lainnya. Berbagai calon mahasiswa ini berlatar belakang guru yang telah mengabdi dari tahun 2015. Persiapan berbagai perangkat di UM telah diwujudkan untuk memberikan pendampingan dan memberikan fasilitas yang memadai peserta PPG selama menempuh pendidikan.

Menurut Prof. Ibrahim, Guru merupakan sebuah profesi, jabatan, tugas yang sudah diakui secara internasional. Untuk itulah lulusan strata 1 saja tidak cukup bagi seorang guru. Seorang guru perlu melaksanakan Pendidikan Profesi untuk menunjang karirnya. Beliau juga menyebutkan bahwa profesi guru dan dosen telah diatur oleh oleh Undang-undang Nomor 14 tahun 2005. Lebih lanjut, beliau menekankan bahwa secara konten PPG UM disesuaikan dengan kebutuhan zaman yang mana saat ini lebih banyak berorientasi kepada literasi teknologi informasi, komunikasi, inovasi, keterampilan berbahasa, pengembangan pembelajaran berbasis masalah atau Case Method, dan Project Based Learning (PBL).

“Saya berharap pada PPG kali ini Bapak dan Ibu sekalian dapat mengikuti rangkaian kegiatan dan melaksanakan tugas sebaik-baiknya serta selengkap-lengkapnya. PPG adalah kewajiban kita sebagai tenaga pendidik. Untuk itulah saya harapkan perhatian penuh Bapak dan Ibu. Begitu lulus dari PPG Daljab, Output terbesar yang kami harapkan adalah Bapak dan Ibu benar-benar kompeten dan memenuhi kriteria profesi yang Anda sekalian sandang” ujar Prof. Ibrahim.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana yang diwakili oleh Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM, yaitu Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I., beliau mengungkapkan bawah dalam satu tahun, sekolah Pascasarjana UM dapat mengelola sampai 6000 lebih peserta PPG.

Usai sambutan Prof. Yusuf Hanafi, Andika Bagus Nur Rahma Putra, S.Pd, M.Pd dosen Departemen Teknik Mesin dan Industri UM selaku pemandu acara ini mempersilahkan para pemateri  menyampaikan presentasi dan diskusi sebagai bekal menjalani PPG Daljab di UM. Adalah Dr. Muhammad Alfan,S.Pd, M.Pd, dosen Departemen Sastra Arab UM, pemateri Sistem Perkulihan PPG dalam jabatan, dan Fatiya Rosyida, S.Pd, M.Pd, dosen Departemen Geografi UM pemateri Kurikulum dan kebijakan PPG dalam Jabatan.

Internship Humas UM – Rani Destia Wahyuningsih

Editor: Nahdiatul Affandiah