image_pdf
Tes psikologi bagi tenaga kependidikan UM

Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan tes psikologi bagi tenaga kependidikan yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan UM. Tes yang diikuti 146 orang peserta ini diselenggarakan pada hari Sabtu (07/10/2023) di Ruang Kelas Lantai 1, Gedung B3 Fakultas Kedokteran UM. Tes yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB ini berlangsung selama kurang lebih tiga jam.

Tes ini bertujuan untuk mengukur kompetensi tenaga kependidikan PNS UM, khususnya yang sudah memiliki gelar sarjana dengan pangkat golongan III/a keatas, juga untuk digunakan sebagai database terkait nilai kepemimpinan, bakat, minat, dan persepi kinerja serta emotional stability para tenaga kependidikan yang ada di UM. Pelaksanaan tes dilaksanakan menggunakan alat test dari Tim Psikologi yang terbagi menjadi beberapa sesi dan masing-masing akan mendeskripsikan tujuan tersebut.

“Perlu digaris bawahi bahwasannya hasil tes psikologi ini bukan menjadi acuan dan patokan. Akan tetapi bisa menjadi bank data bagi kami terkait dengan kualifikasi SDM yang ada. Kami melibatkan dan bekerjasama dengan dosen-dosen dari pihak Fakultas Psikologi UM. Karena seperti yang telah diketahui bersama bahwa di Fakultas Psikologi UM terdapat tim assessment dan HRD. Kemungkinan butuh waktu sekitar dua minggu untuk menganalisis hasil penilaian dari tes psikologi ini,” ungkap Bapak Dwi Waluyo, S.Sos, M.AP., Kepala Sub Direktorat Sumber Daya Manusia UM.

“Ada 27 orang peserta yang tidak hadir dalam tes tersebut karena kesibukan di masing-masing unit kerja. Kami akan jadwalkan ulang agar segera mengikuti tes psikologi, karena tes ini sangat penting dilakukan oleh seluruh tendik UM,” tutur Novita Dwi Anggraeni, S.AP., Kepala Seksi Tenaga Kependidikan UM. Sebelumnya juga dilaksanakan test yang sama bagi seluruh Tenaga Kependidikan Tetap non PNS dan Tenaga Kependidikan Tidak Tetap di UM.

Hasil dari tes psikologi tersebut, diharapkan dapat menjadi database yang akurat melalui hasil penilaian atau score yang diperoleh terkait kompetensi, bakat, minat, kualitas psikologi tenaga kependidikan dan SDM yang ada di UM. Namun nilai tersebut merupakan kesimpulan informasi yang bersifat tidak mutlak dan bisa dikombinasikan dengan penilaian dari pimpinan, pengamatan rekan kerja sejawat.

Pewarta : Hania Nuha Tsabita – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah