image_pdf

Program Studi (Prodi) S2 dan S3 Pendidikan Dasar, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang (UM) menggelar pembukaan kegiatan Art For Basic Education Teacher (ABET) dengan tema Cultural Camp Abet 2024 Agritourist Let’s Explore pada Rabu (02/05) di aula lantai 9 Gedung A21 Sekolah Pascasarjana UM. Kegiatan ini dihadiri oleh Rektor UM, Direktur Sekolah Pascasarjana, beberapa Dosen UM dan Universiti Putra Malaysia (UPM) serta 26 peserta ABET 2024 yang berasal dari Kelab Pendidikan Sains Pertanian Fakulti Pengajian Pendidikan UPM.

ABET merupakan kegiatan International Student Mobility selama 2 pekan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Prodi S2 dan S3 Pendidikan Dasar UM. Kegiatan ini telah dilaksanakan selama 3 tahun di Prodi S2 dan S3 Pendidikan Dasar UM, tujuannya adalah sebagai forum untuk meningkatkan kolaborasi antara civitas akademika (mahasiswa dan dosen) di UM dengan civitas akademika di kampus luar negeri. Dari kegiatan ini harapannya bisa memberikan kontribusi positif bagi pendidikan, kebudayaan dan perekonomian. Nantinya, peserta mengunjungi serta belajar ke salah satu desa yang ada di Malang, yaitu Desa Giripurno. 

Menurut laporan kegiatan yang disampaikan Sekretaris Pelaksana ABET, Dr. Ade Eka Anggraini, M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan ini menggabungkan dari berbagai aspek. “Kegiatan ini menggabungkan dari pendidikan, pertanian, kebudayaan, dan seni yang ada di Indonesia. Semoga apa yang sudah kita rencanakan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya. 

Rektor UM, Prof. Dr. Hariyono. M.Pd., mengungkapkan bahwa tema yang diangkat untuk kegiatan ini sangat menarik. “Tema yang diangkat kali ini saya kira sangat menarik karena bidang pangan sangat penting untuk saat ini dan harus disikapi dengan tegas. Harapannya, sebagai calon guru pertanian para mahasiswa UPM dapat menggali potensi anak didik agar bisa mengolah produk pertanian di daerah asalnya,” papar Prof. Hariyono. Dalam sambutannya juga Prof. Hariyono berpesan sebagai negara tetangga dapat saling mengembangkan budaya, menghargai dan menghormati.

Prof. Dr. Adi Atmoko, M.Si., M.P.d., Direktur Pascasarjana mengucapkan terima kasih dan berpesan kepada para peserta untuk belajar dari bootcamp ini. “Nikmati kegiatan ini dan ambil pelajaran dari bootcamp yang ada,” pesannya. Kegiatan ini diwarnai dengan antusiasme peserta dan penampilan Tari Warag Dugder yang dibawakan oleh mahasiswa UM serta diakhiri dengan foto bersama. 

Pewarta: Rimala Maulina – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM