image_pdf
Foto bersama Pimpinan UM dan Pemateri

Malang – Kamis, 17 Oktober 2024, Empat pemateri dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) berkolaborasi dalam International Colloquium On Leadership. Acara yang berlangsung di Graha Cakrawala ini dihadiri oleh Wakil Rektor II UM, pimpinan lembaga, serta fakultas UM, dan empat profesor dari UTM yang membawakan materi dalam rangkaian Cakra Sapti Semesta memperingati Lustrum UM ke-14 dan Dies Natalis ke-70.

“Ini momen refleksi penting bagi UM dalam perjalanan panjang pendidikan, terutama di tengah lustrum dan dies natalis kami,” ujar Prof. Dr. Puji Handayati, S.E.Ak., M.M., CA, CMA, membuka acara. Beliau menekankan relevansi tema kegiatan yang membahas manajemen universitas di dua negara serumpun.

Wakil Rektor II UM dalam sambutannya menyebutkan bahwa meskipun terdapat perbedaan budaya dan perspektif, kolaborasi ini justru memperkaya wawasan UM dalam mengelola perguruan tinggi. Kolaborasi semacam ini juga diharapkan mendukung UM dalam mencapai status world class university.

Dalam sesi pertama, Nor Azizah binti Ismail, Pendaftar UTM, membawakan materi bertajuk Navigating Certainty in University Administration. Ia menyoroti pentingnya teknologi dalam administrasi universitas. “Saat ini, semua universitas di dunia harus mengintegrasikan teknologi,” jelasnya. Menurutnya, teknologi tidak hanya digunakan dalam proses perkuliahan, tetapi juga sejak awal pendaftaran mahasiswa.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Encik Md Razib bin Karno dengan topik kepengurusan data universitas. “Pusat data tidak hanya mengelola informasi, tetapi juga mengarahkan prosedur terbaik untuk pengambilan keputusan,” ungkap Ketua Bahagian Pusat Pengurusan Data UTM tersebut.

Materi ketiga, Promotion and Recruitment, disampaikan oleh Encik Mohd Zaires Bin Md Daris. Ia membahas strategi promosi yang efektif dan metode perekrutan yang tepat bagi universitas.

Acara ditutup oleh Dr. Syamsul Hadi, M.Pd., M.Ed., yang menjelaskan bagaimana dosen dapat menjadi pemimpin akademik. Mantan Wakil Rektor III UM ini menekankan tantangan yang akan dihadapi dosen sebagai pemimpin dan strategi untuk mengatasinya.

International Colloquium On Leadership ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4, yang bertujuan memastikan pendidikan berkualitas bagi semua.

Pewarta: Trisna Marsadi – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM