image_pdf

Malang. Suatu organisasi memang diperlukan penyegaran pengurus, agar kelangsungan hidup terus belanjut. Demikian juga KORPRI Unit Universitas Negeri Malang (UM) yang telah menyelenggarakan Musyawarah Unit (MUSNIT) 2020 pada Selasa (02/06). Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Utama Graha Rektorat lantai 9. Musnit dibuka oleh Wakil Rektor II, yang juga dihadiri oleh Wakil Rektor I, Prof. Dr. Eko Budi Sutjipto, M.Ed., M.Si., Wakil Rektor III, Dr. Mu’arifin, M.Pd, Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd, dan tujuh pengurus Sub Unit KORPRI Fakultas, serta Sub Unit Kantor Pusat.

Wakil Rektor II UM Prof. Dr. Heri Suwignyo, M.Pd memberikan sambutan

Ada dua agenda utama yang akan dimusyawarahkan dalam Musnit ini yaitu: pertanggungjawaban pengurus masa jabatan 2015-2020 dan pemilihan pengurus baru masa jabatan 2020-2025.

Wakil Rektor II dalam sambutanya yang dalam hal ini mewakili Rektor mengatakan, “Seperti kita ketahui barsama bahwa KORPRI ini sudah berusia 49 tahun, artinya bahwa organisasi ini cukup matang. Pada saat ini kita dalam kondisi mengalami musibah Nasional covid-19. Kita ini sedang memasuki tatanan normal baru, dan pelaksanaan acara ini sudah mengikuti protokol penangulangan covid” Ujarnya.

Selanjutnya ia mengungkapkan rasa bangga terhadap KORPRI UM yang mengundang Narasumber dari Kominfo dalam acara sosialisasi Udang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) di Graha Cakrawala. Ia juga mengapresiasi kinerja pengurus 2015-2020, sedangkan program kerja yang belum terealisasi menjadikan pekerjaan rumah pengurus baru. “Semoga melalui musyawarah ini, terbentuk pengurus yang baru akan menghasilkan musyawarah mufakat yang bulat, karena musyawarah itulah bentuk mufakat yang paling baik” harapnya.

Pada kesempatan itu Ketua KORPRI Drs. Partono, M.Pd, menyampaikan pertanggungjawaban pengurus periode 2015-2020 di hadapan Musnit. “Pada hari ini  tanggal 2 Juni 2020 KORPRI UM dapat menyelenggarakan MUSNIT KORPRI yang merupakan Forum tertinggi. Mudah-mudahan MUSNIT hari ini berjalan dengan lancar dan mendapatkan ridho Allah” ujarnya mengawali sambutan.

Ketua KORPRI Drs. Partono, M.Pd menyampaikan laporan pertanggungjawaban

Ia mengungkapkan bahwa selama masa kepengurusan KORPRI UM telah melaksanakan program kerjanya, seperti peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI, pemberian penghargaan dan pembinaan anggota. Selanjutnya ia menyampaikan dua garis besar laporan, yaitu: 1) KORPRI UM menjalin kemitraan dengan KPRI UM dalam program kesejahteraan anggota karena programnya bisa sejalan, seperti program simpan pinjam tanpa bunga (pinjaman Sosial), dan 2) berjalannya program pensiunan bagi tendik, namun bagi dosen belum. “Mudah-mudahan untuk tahun mendatang forum pensiunan tendik dan dosen jadi satu Forum peniunan UM, sehingga kegiatan-kegiatan forum pensiunan ter- struktur” harapnya.

Musyawarah KORPRI kali ini dipandu oleh Ketua KORPRI Sub Unit Kantor Pusat, Drs. Amin Sidiq, M.Pd.  Musyawarah berjalan lancar dalam suasana kekeluargaan. Dalam musyawarah berhasil menetapkan Ketua baru yang dipilih secara musyawarah dari tiga calon ketua yakni, Drs. Partono, M.Pd, Dr. dr.  Moch. Yunus, M. Kes, Dr. dan Dr. Ridwan Joharmawan, M,Si, pada akhir musyawarah  disepakati Drs. Partono, M.Pd yang dipilih sebagai Ketua KORPRI Unit UM masa Jabatan 2020-2025. Sedangkan pertagungjawaban pengurus masa jabatan 2015-2020 dapat diterima oleh forum. Apalagi kondisi laporan keuangan kepengurusan periode 2015-2020 saldo mengalami surplus.

Penulis: Budiharto  – Humas UM