image_pdf
Prof. Peter Grootenboer memaparkan materi pada Kuliah Tamu Teaching and Learning Mathematics in the Society 5.0

Malang— Matematika tak lagi menjadi mata pelajaran yang menakutkan bagi siswa. Di era Society 5.0, metode pengajaran yang inovatif siap mengubah pandangan tentang mata pelajaran ini. Bagaimana caranya matematika yang dulu dianggap menakutkan bisa berubah menjadi menarik? Pertanyaan ini terjawab dalam kuliah tamu bertajuk Teaching and Learning Mathematics in the Society 5.0 yang diadakan oleh Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang (SPs UM) pada Jumat (04/10) di Aula Gedung A21.

Acara tersebut menghadirkan Prof. Peter Grootenboer dari Griffith University, Australia. Selain itu, turut hadir Direktur dan Wakil Direktur Sekolah Pascasarjana UM serta Kepala Program Studi S2 & S3 Pendidikan Dasar. Dalam sambutannya, Direktur SPs UM, Prof. Adi Atmoko, M.Pd., menyampaikan harapannya, “Kami berharap seminar ini dapat menarik minat siswa terhadap matematika dan menjadikan pembelajaran di kelas lebih menyenangkan,” ungkapnya.

Menurut Prof. Adi, selama ini banyak siswa yang kurang tertarik pada matematika, baik di sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Oleh karena itu, kuliah tamu ini menghadirkan strategi baru agar pengajaran matematika bisa lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.

Dalam sesi pemaparan, Prof. Peter Grootenboer menjelaskan bahwa salah satu masalah yang sering terjadi di kelas adalah pendekatan yang terlalu konseptual di awal pembelajaran. “Banyak guru memulai kelas dengan pertanyaan konseptual yang membuat siswa langsung memikirkan rumus dan hitungan,” jelas Prof. Peter.

Untuk mengubah paradigma ini, Prof. Peter menyarankan agar guru memulai pelajaran dengan mengarahkan siswa menganalisis kejadian nyata di sekitar mereka. “Jangan terlalu terpaku pada buku. Tampilkan kasus nyata dan biarkan siswa menganalisisnya berdasarkan konsep matematika yang relevan,” jelasnya dalam bahasa Inggris.

Ia juga menambahkan, “Ada banyak cara untuk memahami konsep matematika, tidak hanya satu metode seperti yang tertulis di buku.” Prof. Peter berharap, setelah kuliah ini, para guru dapat mengubah metode pengajaran mereka sehingga matematika menjadi lebih menyenangkan dan diminati oleh siswa.

Pewarta: Trisna Marsadi – Internship Humas UM
Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM