image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menerima kunjungan dari tim Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (FK UNS) pada Rabu (28/09/2022) di Aula lantai 9, Graha Rektorat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mematangkan pembukaan fakultas baru yakni Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) UM. Kunjungan ini dihadiri langsung oleh segenap jajaran pimpinan FK UNS beserta para dosen serta Rektor UM dan jajarannya. 

Acara diawali dengan sambutan dari Dekan FK UNS, Prof. Dr. Reviono, dr., Sp.P(K). Beliau mengapresiasi kerja sama antara FK UNS dengan UM karena sudah mempercayakan mereka sebagai mitra dalam pembentukan FKK UM. Dekan UNS juga menyiratkan bahwa citra UM sebagai salah satu universitas top dan terbaik di Indonesia akan semakin cemerlang dengan adanya fakultas kedokteran dan kesehatan ini. 

“Jadi kerja sama ini sudah dimulai sejak lama. Sekitar sebelum atau awal-awal pandemi dulu kami dari FK UNS dihubungi oleh UM untuk menjalin kerja sama untuk pendirian prodi baru yaitu Pendidikan Dokter. Jadi memang perguruan tinggi ketika sudah memiliki fakultas kedokteran ini akan terasa lebih maju begitu. Apalagi kebutuhan dokter di Indonesia ini semakin tinggi. Namun untuk mendirikan prodi ini tidaklah mudah. Dari kualifikasi dosen yang ketat sampai fasilitas yang lengkap dan memadai. Jadi memang harus melalui persiapan yang matang untuk mewujudkannya. Kami selaku mitra pendamping akan berusaha semaksimal mungkin untuk membantu program kerja pendirian prodi baru ini,” ujar Dekan FK UNS.

Senada dengan Dekan FK UNS, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd., selaku Rektor UM juga turut menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama yang terjalin. “Inisiatif pembentukan prodi Pendidikan Dokter ini sebenarnya sudah sangat lama digagas, namun baru memiliki kesempatan sekarang ini mewujudkannya. Jadi dari sebelum pandemi kami sudah memiliki semangat tinggi untuk merealisasikan pendirian FKK ini, yang kemudian mengontak pihak FK UNS untuk menjalin kerja sama. Saya mengucapkan terima kasih atas kesedian FK UNS menjadi pendamping untuk FKK UM ini. Selain Pendidikan Dokter, FKK UM juga berencana akan menambahkan prodi farmasi, keperawatan, serta kebidanan. Mudah-mudahan semuanya segera bisa dirampungkan,” tutur Rektor UM.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan serah terima dokumen secara simbolis sebagai bentuk pengikat resmi kerjasama kedua belah pihak. Setelah itu dilakukan FGD (Forum Group Discussion) antara rombongan dosen dari UNS dengan dosen FKK UM untuk lebih mematangkan terkait hal-hal yang berkaitan dengan pendirian FKK UM.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM.