image_pdf
Peserta Webinar

Malang. LP3 Universitas Negeri Malang (UM) kembali mengadakan seminar online dengan tema “Trend Pembelajaran Daring dan Tantangannya”. Seminar ini disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom dan YouTube, dengan pembicara professional yakni Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng, M.Pd selaku guru besar teknologi pembelajaran UM dan Dr. Cepi Riyana, M.Pd yang merupakan dosen teknologi pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa (30/07) ini dibuka langsung oleh Dr. Hardika, M.Pd selaku sekretaris LP3 UM. Peserta yang hadir pada seminar kali ini didominasi oleh tenaga pengajar baik pada tingkat universitas dan sekolah yang berasal dari seluruh Indonesia. Seminar ini di moderator langsung oleh Ibu Surjani Wonorahardjo, Ph.D yang merupakan Kepala Pusat Pengembangan Inovasi dan Sumber Belajar LP3 UM.

Prof. Dr. I Nyoman S. Degeng, M.Pd selaku guru besar teknologi pembelajaran UM

“Ketika mendengar kata pembelajaran daring, maka banyak problema yang muncul di masyarakat terutama pada dunia pendidikan dan orang tua murid. Problema ini harus segera diatasi dengan solusi yang dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Meskipun teknologi itu sudah rumit namun penyampaiannya harus se-sederhana mungkin agar orang dapat memahaminya. Kami yakin bahwa narasumber dapat menyampaikan prespektif tentang pembelajaran daring baik dari tingkat terendah ke tertinggi dan dari segi akademisi maupun prkatisi” Ujar Hardika

 Salah satu pembicara yakni Prof. Nyoman mengatakan bahwa dengan adanya Covid-19 ini mempunyai pengaruh yang besar terhadap online learning. Secara tidak langsung akan menghilangkan kebiasaan lama kita dalam interaksi belajar mengajar baik di sekolah maupun di kampus. Sehingga kita sebagai pengajar harus bisa mempersiapkan beberapa hal yang mampu menunjang kegiatan pembelajaran daring agar esensi interaksi belajar mengajar dapat terlaksana secara maksimal.

Peserta Webinar

Adanya teknologi yang semakin canggih mengharuskan kita sebagai pengajar juga harus berfikir kreatif. Sehingga metode dan cara mengajar harus memiliki unsur yang lebih kekinian agar mampu menarik perhatian siswa. Dr. Cepi dalam pemaparannya memberi tips untuk mengemas konten belajar yang menarik sesuai dengan pembelajaran daring diantaranya infografis, vlog, MotionGraphic, video live streaming, dan lain sebagainya.

Seminar ini diharapkan dapat membantu menjawab problematika yang muncul akibat new normal bagi banyak kalangan khususnya yang berkecimpung langsung pada dunia pendidikan. Pemaparan materi oleh para narasumber yang berlangsung selama kurang lebih 2 jam ini menarik perhatian para peserta dilihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan oleh peserta. Acara ini diakhiri dengan penyampaian kesimpulan oleh moderator.

Pewarta : Rifdah Ananda Baharuddin – Internship Humas UM