image_pdf
Sekretaris LPPM UM,  Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., melepas peserta KKN UM

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Negeri Malang  (LPPM UM) menggelar upacara pemberangkatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Reguler pada Senin (20/02/2023). Upacara dilaksanakan pada pukul 07.00 – 09.00 WIB dan bertempat di halaman Graha Rektorat UM. Upacara dihadiri sekretaris LPPM UM, Kepala Pusat Sumber Daya Wilayah, dosen dari masing-masing departemen yang terlibat, dan mahasiswa peserta KKN. Dalam agendanya, KKN akan dilaksanakan sejak tanggal 20 Februari sampai dengan 4 April dan bertempat di 21 desa. 

Sekretaris LPPM UM,  Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T., dalam sambutannya sekaligus menjadi wakil dari Ketua LPPM UM menyampaikan bahwa KKN tahun ini adalah KKN yang penuh semangat, penuh kreativitas. “Mahasiswa KKN harus mampu memberi  dampak yang baik bagi masyarakat luas. Program-program yang dilaksanakan selama KKN harus menarik, tidak monoton, dan harus menggambarkan jati diri UM Sampaikan eksistensi kita secara baik, berikan dan sampaikan program IT kita secara baik dan mudah dipahami oleh masyarakat desa,” ungkapnya.

Selain itu, Dr. Hary juga turut menyampaikan pesan Ketua LPPM UM, bahwa mahasiswa harus menjaga nama baik almamater, membuat program yang menarik, serta mengikuti semua bimbingan serta arahan dari dosen pembimbing lapangan (DPL). “Berangkat sejak hari ini, tanggal 20 Februari hingga 04 April merupakan waktu cukup lama untuk berkisah kasih nyata. KKN merupakan program akademik dan non akademik. Program akademiknya adalah menjalankan amanah dari UM, seperti yang disampaikan Ketua LPPM UM, sedangkan non akademiknya adalah menebarkan kasih sayang. Jangan lupa terus berkoordinasi dengan pihak desa, kemudian sering melakukan koordinasi dengan DPL dan bersahaja dengan pusat sumber daya wilayah,” imbuh Dr. Hary Suswanto, S.T., M.T. 

Sebelum menutup acara pemberangkatan dan untuk menambah semangat para mahasiswa KKN Reguler, Dr. Hary meramaikan dengan jargon “KKN UM, membagun desa, membangun desa, membangun desa”.

“Pesan yang terakhir yang akan saya sampaikan adalah hati-hati di jalan. Dengan membaca basmalah KKN di 21 desa secara resmi dibuka dan diberangkatkan, semoga semuanya bisa pergi dan kembali dengan selamat,” pungkas Sekretaris LPPM UM.

Pewarta : Zanadia Manik Fatimah – Internship Humas UM

Editor: Luthfi Maulida Rochmah